Gedung Baru KKP Bersertifikat Gold yang Ramah Lingkungan

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2016 18:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 15 470 1289112 gedung-baru-kkp-bersertifikat-gold-yang-ramah-lingkungan-beXZma5Yok.jpg (Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

JAKARTA - Gedung baru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yakni Gedung Mina Bahari (GMB) IV menjadi gedung kementerian kedua di DKI Jakarta yang mengusung konsep ramah lingkungan (green building).

GMB IV berhasil menyabet sertifikasi gold greenship skala nasional dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Sebelumnya, gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah lebih dulu menyabet sertifikasi ini.

"Konsep green building juga membuat kita mendapat sertifikat gold dari Green Building Associate, dalam hal ini gedung kedua di DKI Jakarta setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Sekretaris Jenderal KKP, Sjarief Widjaja dalam sambutan peresmian GMB IV, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Kemudian, lanjut Sjarief, guna menjamin keselamatan para pengguna, dalam hal ini para pegawai seluruh jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan, maka gedung ini pun telah melewati suatu proses sertifikasi layak fungsi (SLF) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita juga mendapat sertifikat layak fungsi atau SLF dari Pemprov DKI Jakarta. Terima kasih Pak Wakil Gubernur yang mendukung kita dalam perizinan tersebut," jelasnya.

Sekadar informasi, Gedung Mina Bahari (GMB) IV KKP diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada hari ini, berlokasi di Jalan Batu, Jakarta Pusat.

Adapun tema gedung yang terdiri dari 16 lantai ini mengusung tema "Layar Terkembang". Sesuai dengan tema yang diambil, gedung ini terlihat layaknya layar sebuah kapal yang terkembang di tengah lautan.

Pembangunan gedung ini dimulai pada 2013, dengan lama pembangunan sekitar dua tahun. Luas bangunan gedung baru ini mencapai 36.446 meter persegi (m2) dan berdiri di atas tanah seluas 5.663 m2.

(dhe)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini