FIF Group Targetkan Beri Kredit Rp27,3 Triliun

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 06 April 2016 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 06 320 1355414 fif-group-targetkan-beri-kredit-rp27-3-triliun-Aasmqrg7Mv.jpg Ilustrasi pemberian kredit. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF Group) tahun menargetkan bisa mengeluarkan pendanaan sekitar Rp30 triliun lebih. Angka tersebut meningkat sekitar 13 persen dibanding realisasi 2015 sebesar Rp27,3 triliun.

Direktur Utama FIF Suhartono menjelaskan, dari target tersebut porsi pendanaan terbesar masih pada pembiayaan sepeda motor baru yakni sekitar 69-70 persen. Sementara untuk sepeda motor bekas 18 persen dan elektronik 13 persen.

"Sisanya baru ada pembiayaan proyek dengan OJK di sektor maritim, umroh, dan haji," terangnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Suhartono mengakui, memang secara industri penjualan sepeda motor hingga kuartal I 2016 memang menurun sebesar 6 persen. Namun dirinya mengklaim bahwa pembiayaan kredit motor di FIF meningkat 6 persen dari periode Januari hingga Maret 2016 dengan nilai pembiayaan mencapai 7 persen.

"Dan saya optimis tahun ini akan naik, karena pertama harga BBM kan turun. Dari sejarah yang saya tahu ketika BBM turun itu penjualan motor naik. Kemudian kalau kita lihat pembangunan infrastruktur dari pemerintah kan mulai tumbuh. Kebutuhan-kebutuhan itu biasanya terjadi di sepeda motor," imbuhnya.

Selain dukungan dari situasi perekonomian, Suhartono menjelaskan, biasanya siklus penjualan kendaraan sepeda motor akan naik di kuartal II. Terlebih hari raya lebaran tahun ini ada di kuartal II.

"Saya percaya april sampai lebaran akan terjadi kenaikan yang signifikan. Setelah itu landai dalam arti konsisten. Terus Desember akan turun lagi karena banyak libur," tambahnya.

Sementara untuk kualitas pendanaan FIF juga masih optimis. Di mana hingga kuartal I 2016 non performing fund (NPF) berada di level 1,42 persen. "Kalau sampai akhir tahun kami yakin bisa seperti tahun lalu di level 1,04 persen," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini