Alasan Industri Pariwisata RI Masih Tertinggal dari Malaysia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 320 1384409 alasan-industri-pariwisata-ri-masih-tertinggal-dari-malaysia-iRccebBF09.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pariwisata Indonesia hingga saat ini masih tertinggal apabila dibandingkan dengan Malaysia. Tak hanya jumlah wisatawan, Indonesia pun masih tertinggal dalam hal pelayanan pada berbagai sektor pariwisata yang tengah dikembangkan.

Menurut Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, salah satu alasan pariwisata Malaysia lebih unggul di mata dunia internasional dibandingkan Indonesia adalah karena tersedianya infrastuktur dan berbagai produk pariwisata. Hal inilah yang berhasil mengalahkan potensi alam Indonesia sebagai objek tujuan wisata.

Selain itu, perbedaan mendasar lainnya adalah pada kunjungan turis dari Timur Tengah. Industri pariwisata di Malaysia saat ini telah berhasil menarik perhatian turis muslim karena tersedianya berbagai produk wisata khusus muslim. Turis muslim inilah yang mendorong tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malaysia.

"Perbedaan Indonesia dengan Malaysia adalah pada jumlah turis dari Timur Tengah. Malaysia jauh lebih siap. Bahkan mereka punya produk pariwisata khusus muslim," kata Bambang dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Untuk itu, Bambang menargetkan bahwa pariwisata di Indonesia dapat mencontoh Malaysia. Salah satunya adalah dengan memperbaiki produk pariwisata, khususnya masyarakat muslim di Indonesia.

"Jadi kita harus memperbaiki produk yang menjadi minat turis muslim di dunia," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini