Share

Hingga Juni, Terjadi 33 Kasus Pelanggaran Hak Merek Dagang

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Kamis 09 Juni 2016 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 09 320 1410354 hingga-juni-terjadi-33-kasus-pelanggaran-hak-merek-dagang-wLOH2gbbva.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

TANGERANG - Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM mencatat sejumlah pelanggaran HAM yang terjadi pada di Indonesia. Hingga per Juni 2016, pengaduan yang masuk terhadap pelanggaran HAM ada sebanyak 33 kasus.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Salmon Pardede mengatakan, 33 kasus pelanggaran HAM tersebut beragam. Mulai dari pelanggaran hak cipta, hak paten, hak merek, hingga desain industri.

"Sudah ada 33 kasus masuk ke kita, dari hak cipta, kasus merek, kasus paten, dan desain industri," ucapnya di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (9/6/2016).

Dari 33 kasus yang diterima tersebut, dia mengungkapkan mayoritas merupakan kasus pelanggaran merek dagang (hak merek). Akan tetapi, dia masih enggan mengungkapkan merek apa saja yang terkena pelanggaran hak merek tersebut. Sebab, sebagian data pelanggaran terhadap pelanggaran hak merek masih harus melalui ragam tahapan penyidikan.

"Mayoritas merek dagang, sebagian sudah dilakukan repressing di lapangan, sebagian menunggu data-data saksi untuk dibuatkan berita acara, dan sebagian menunggu berita acara keterangan ahli," ujarnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini