Bekasi Gelar Sayembara Desain Kembali Kampung China

ant, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2016 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 01 470 1451872 bekasi-gelar-sayembara-desain-kembali-kampung-china-h6etMo7TZ4.jpg Ilustrasi: Shutterstock

BEKASI - Dinas Tata Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah berupaya mengembalikan pesona Kampung China di kawasan Pertokoan Proyek Kecamatan Bekasi Timur, yang kini luntur tergerus perubahan zaman.

"Kami akan merestorasi kawasan Proyek menjadi kota lamanya, yakni kawasan Kampung Cina dengan daya tarik budaya dan sejumlah ikon bangunan klasik yang kini ada," kata Kepala Dinas Tata Kota Bekasi Koswara di Bekasi, Senin (1/8/2016).

Menurut dia, kawasan pertokoan Proyek pada zaman dahulu merupakan pusat kota di Bekasi dengan dominasi warga keturunan Tionghoa. (Baca juga: Siap Rebound, Saatnya Bidik Properti Berpotensi di Bekasi)

"Pada kawasan itu banyak berdiri bangunan dengan ornamen kebudayaan China yang kuat, di antaranya Klenteng Hok Lay Kiong Kiong dan bangunan tempat tinggal," katanya.

Dikatakannya, restorasi Kampung China di kawasan Proyek saat ini sedang dalam proses sayembara desain tata ruang.

"Kami sedang menggelar sayembara untuk melibatkan masyarakat menentukan desainnya seperti apa," katanya.

Sejumlah ornamen yang disasar dalam proses restorasi tersebut di antaranya fasad (exterior) bangunan kota lama dan sejumlah ikon kawasan yang berpotensi menjadi tujuan wisatawan.

"Akan dibahas konsep pariwisatanya, apakah pertokoan atau pusat kuliner. Khusus untuk klenteng sekelilingnya akan dibagusin," katanya.

Kawasan yang disasar dalam proyek restorasi itu di antaranya Jalan Ir H Djuanda dan Jalan Mayor Oking.

"Kami menargetkan sayembara desainnya akan rampung tahun ini, jadi 2017 fisiknya sudah bisa dimulai," katanya.

Terkait dengan kebutuhan anggaran, kata dia, pihaknya akan menggandeng pihak swasta maupun masyarakat setempat untuk bersinergi dalam pembiayaan proyek itu. (Baca juga: Banyak Warga Pendatang, Kontrakan di Bekasi Laris)

 

"Tokoh-tokoh masyarakat juga akan kita libatkan dalam kegiatan itu sehingga hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini