Image

Indonesia Bisa Ekspor Bahan Material dan Tenaga Ahli ke Afrika

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 11:42 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 17 470 1516639 indonesia bisa ekspor bahan material dan tenaga ahli ke afrika EDzFYkJyXf jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Memperluas pasar konstruksi dinilai penting bagi para pelaku jasa konstruksi, mengingat persaingan internasional yang semakin ketat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti Eko Susetyowati menilai, saat ini kontraktor Indonesia sudah bisa disandingkan dengan kontraktor luar negeri, termasuk dalam hal penggunaan teknologi. (Baca juga: Indonesia Buka Peluang Garap Pasar Konstruksi di Tanzania)

"Kontraktor di Indonesia sudah bisa disandingkan dengan konsultan dan kontraktor di luar negeri, jadi sudah waktunya untuk bentuk pasar di Afrika," kata Anita, di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Anita mengatakan, saat ini persaingan internasional sudah dimulai. Indonesia bisa memanfaatkan potensi negara-negara yang tengah mengembangkan infrastruktur secara progresif dengan mengekspor tenaga ahli dan bahan material.

"Kontraktor yang besar kita dorong ke luar negeri dengan ekspor tenaga ahli dan bahan material karena nanti akan ada devisa masuk dan memungkinkan membuka pasar baru," ujarnya. (Baca juga: Ekspansi ke Luar Negeri, Kontraktor Diharapkan Bisa Tambah Devisa)

Pasalnya, menurut Anita, di Afrika saat ini permintaan untuk tenaga ahli dan bahan material masih tinggi.

"Mereka juga kurang tenaga kerja, kebanyakan di sana (Afrika) dari India, memang sejauh ini masih penjajakan, belum ada kerjasama," katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini