Punya Tanah di Kampung tapi Tak Punya Uang Bangun Rumah? Akan Diberi Modal

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 470 1594859 punya-tanah-di-kampung-tapi-tak-punya-uang-bangun-rumah-akan-diberi-modal-E9A2Cr316Q.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membantu masyarakat yang memiliki tanah di kampung halaman namun tak memiliki dana untuk membangun rumah. Dana yang disediakan untuk pembangunan rumah baru bagi masyarakat yang memiliki tanah besarnya sekitar Rp30 juta.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin mengatakan, pemerintah mendorong agar Kepala Daerah dapat segera mengusulkan masyarakatnya untuk mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melalui jenis kegiatan Pembangunan Baru.

“Target untuk Pembangunan rumah baru dalam program BSPS tahun 2017 ini adalah 2.000 unit sedangkan untuk peningkatan kualitas sebanyak 108 ribu unit,” katanya usai berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang yang berjualan di sekitar Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Pembangunan rumah baru dalam kegiatan BSPS dilakukan di atas lahan kosong yang merupakan miliki masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam pelaksanaannya, BSPS ini dilakukan secara berkelompok oleh masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah upah minimun provinsi (UMP) rata-rata nasional.

Selain pembangunan rumah baru, pemerintah juga memberikan bantuan kepada masyarakat untuk pembangunan rumah pengganti rumah rusak total sebesar Rp20 juta, peningkatan kualitas rumah rusak berat Rp15 juta dan peningkatan kualitas rumah rusak sedang Rp10 juta. Sedangkan pembangunan PSU meliputi pembangunan jalan dan atau drainase lingkungan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini