Share

Menhub Setujui 'Pembongkaran' Jalur Kereta Peti Kemas Tanjung Priok

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2017 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 25 320 1600726 menhub-setujui-pembongkaran-jalur-kereta-peti-kemas-tanjung-priok-JJ4NKvj9rZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berencana mengexercise (mengkaji ulang) jalur kereta api (KA) petikemas JICT. Dia menilai jalur ini kurang efisien dan produktif karena masih ada double handling (penangan ganda) yang dampaknya pada cost logistik perusahaan.

Menanggapi rencana tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku bahwa masih ada perbedaan harga antara angkutan logistik menggunakan kereta api dengan truk.

Di mana saat menggunakan kereta api masih ada double handlig sedangkan truk hanya satu kali penanganan.

"Saya pikir positif (rencana bongkar KA petikemas Tanjung Priok). Pak Luhut berfikir bagaimana itu efisien. Kita (Kemenhub) akan lakukan itu, kita kaji lagi struktur cost seperti apa, apa yang bisa dievaluasi," ujarnya, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Menurut Budi Karya, selain struktur jalur kereta api peti kemas, hal yang perlu dikaji lainnya seperi volume angkut box kontainer. Saat ini jalur kereta milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) hanya mampu mengangkut sekira 60 box per hari.

"Jadi harus dipikirkan bagaimana produktivitas volume itu. Teknis kereta ke dermaga juga, nanti kita bicarakan dengan KAI. Prinsip (Kemenhub) ingin menekan harga logistik," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini