Share

Jokowi: Mazhab Saya Persaingan, Jangan Sampai Pengusaha Minta Fasilitas!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 27 320 1652037 jokowi-mazhab-saya-persaingan-jangan-sampai-pengusaha-minta-fasilitas-9KyZwbgdVp.jpg Foto: Dedy Afrianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa saat ini Indonesia harus siap menghadapi era persaingan. Pasalnya, saat ini dunia tengah memasuki era kompetisi yang amat ketat.

Jokowi pun meminta agar dunia usaha siap untuk bersaing. Hanya saja, Jokowi menekankan bahwa ia tak ingin apabila pengusaha sengaja meminta fasilitas dari pemerintah.

"Jadi jangan sampai ada lagi pengusaha, apalagi pengusaha muda, minta-minta fasilitas. Jangan minta ke saya seperti itu. Mazhab saya adalah mazhab persaingan," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Menurut Jokowi, pemerintah saat ini begitu mendorong pengusaha muda untuk dapat terus tumbuh. Hanya saja, Jokowi tak ingin pengusaha tersebut selalu berpangku tangan pada pemerintah.

"Tapi memberikan peluang ke yang muda itu yang saya lakukan. Tapi tidak memberikan ini, ini, ini (banyak fasilitas). Kalau diberikan seperti itu jadinya akan berbeda," tuturnya.

Hanya saja, Jokowi menekankan bahwa pemerintah akan tetap melakukan pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini akan menjadi salah satu pendorong dunia usaha untuk terus tumbuh.

"Pembangunan infrastruktur harus betul-betul kita selesaikan. Karena ini yang akan memperkuat competitiveness kita, biaya logistik lebih murah, yang berkaitan dengan listrik, jalan tol juga sama kita bekerja tiga shift, yang berkaitan dengan airport, jalur kereta api , pelabuhan juga sama. Di Kuala Tanjung, Makassar New Port, tanjung Priok, Sorong, karena tanpa itu jangan berharap kita bisa bersaing di era keterbukaan yang tidak bisa kita hambat lagi," ungkap Jokowi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini