Share

Rekomendasi Jokowi untuk Pengusaha Muda: Bisnis Pariwisata hingga BPO

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 27 320 1652110 rekomendasi-jokowi-untuk-pengusaha-muda-bisnis-pariwisata-hingga-bpo-pacxBo7LUx.jpg Foto: Biro Pers

JAKARTA - Persiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh hingga mencapai 4 besar dunia pada tahun 2045 mendatang. Peran pengusaha pun sangat dibutuhkan untuk mencapai target ini.

Menurut Jokowi, terdapat berbagai peluang yang dapat dilirik oleh para pengusaha Indonesia, utamanya adalah pengusaha muda yang sedang tumbuh. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur pada sektor pariwisata.

"Karena hampir semua tempat, seperti Danau Toba, Morotai, fasilitas blm ada yang dikelola profesional. Pulau Komodo belum ada di sana," tuturnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Tak hanya itu, Jokowi juga menyarankan pengusaha muda untuk melirik berbagai hal yang berkaitan dengan ritel dan gaya hidup. Bisnis ini dinilai sebagai salah satu potensi yang amat menguntungkan.

"Kedua yang berkaitan dengan lifestyle, ritel, media, kuliner. Ini akan berkembang besar. Dan ini adalah anak-anak muda yang bisa. Sudah enggak bisa lagi bisnis yang seumur saya masuk, sulit. Anak muda yang harus masuk ini," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga menyarankan pengusaha muda untuk melirik sektor desain grafis, animasi, dan aplikasi. Pasalnya, bisnis ini juga memiliki potensi yang akan memegang kendali bisnis ke depannya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyarankan pengusaha untuk melirik potensi pada Business Process Outsourcing (BPO). Bisnis ini pun telah menjadi andalan Filipina dan dapat menjadi panduan bagi Indonesia.

"Padahal USD 25 miliar di Filipina bisa hasilkan itu. Mungkin jangan masuki seperti Filipina, pada sektor telemarketing. Masuk saja pada sektor arsitektur, dan lainnya. Masih sangat kecil sekali, saya kira ini sangat besar sekali. Karena ini bisnis anak-anak muda, bukan anak-anak tua," ungkap Jokowi yang disambut gelak tawa hadirin.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini