Share

Sediakan Dana untuk Penyalur KPR, Begini Pesan Sri Mulyani untuk SMF

Trio Hamdani, Okezone · Senin 27 Maret 2017 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 27 470 1652477 sediakan-dana-untuk-penyalur-kpr-begini-pesan-sri-mulyani-untuk-smf-YjKHiRFTIs.jpg Sri Mulyani (Foto: Antara)

JAKARTA - Sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang berfungsi menyalurkan dana dari pasar modal ke penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF diminta untuk mengoptimalkan perannya dalam mendukung penyediaan rumah.

"Saya harap SMF lakukan fungsinya dengan kewenangan untuk terus berinovasi, dengan tata kelola yang baik, dan integritas yang tidak terkompromikan untuk berinovasi, mampu terus memperbaiki prestasinya, investasinya dalam penggunaan dananya dan maksimalkan leverage," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (27/3/2017).

Ia juga mengingatkan agar SMF menjaga kualitas perusahaannya. Sebab, persoalan mengenai perumahan dapat menjadi masalah apabila tak dikelola dengan sebaik-baiknya. "Saya juga ingin berpesan kepada SMF agar terus di sisi kualitas tidak keseimbangan karena masalah perumahan ini bisa menjadi masalah," kata dia/.

Apalagi, tahun 2017 ini, modal yang diberikan untuk badan usahanya mencapai Rp6 triliun. Sehingga Sri Mulyani menekankan, dana tersebut digunakan untuk kepentingan negara dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada 2017 modal SMF akan jadi Rp6 triliun dengan adanya PMN yang dianggarkan tahun lalu, untuk bisa menggunakan anggaran semaksimal mungkin sehingga uang pemerintah di SMF untuk rakyat bukan untuk biayai direksi dan komisarisnya macam-macam. Setiap rupiah yang ditanam di SMF bukan untuk komisaris dan direksi tapi untuk masyarakat secara umum," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menyatakan, pihaknya akan terus mengupayakan kinerja perusahaannya untuk mendukung pemerintah mengatasi masalah yang terjadi pada kebutuhan perumahan.

”Melalui sekuritisasi dan pembiayaan, SMF terus berupaya menjalankan perannya untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam menyediakan kebutuhan rumah bagi masyarakat di seluruh Indonesia, seperti Program Sejuta Rumah,” jelas Ananta.

Ia pun merasa yakin, SMF dapat menunjukkan perannya dengan baik. Selain mendukung kebutuhan perumahan, secara tak langsung juga mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

“Kami optimis dapat terus meningkatkan peran dalam usaha mendukung ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi setiap keluarga di Indonesia. Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi kontribusi positif bagi perekonomian negeri," tukasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini