nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTN Targetkan Penyaluran Kredit Properti Nonsubsidi Rp25 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 17 Juni 2017 07:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 16 470 1718282 btn-targetkan-penyaluran-kredit-properti-nonsubsidi-rp25-triliun-qGR2k2BFmR.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mulai melebarkan sayap dengan tak hanya melayani kredit penyaluran hunian subsidi, tapi juga melayani nonsubsidi.

Executive Vice President BTN Suryanti Agustinar mengatakan untuk penyaluran kredit properti nonsubsidi pada tahun ini, pihaknya menargetkan total Rp25 triliun. Jumlah tersebut merupakan hasil dari penyaluran kredit pada apartemen, ruko, hingga perkantoran.

"Untuk nonsubsidi itu kita targetkan Rp25 triliun yang nanti bisa dari rumah bisa ada apartemen, ada ruko, total pokoknya total Rp25 trilun," ujarnya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya harus bekerja lebih keras lagi. Pasalnya, saat kondisi yang sedang lesu seperti ini, properti nonsubsidi agak sedikit mengalami penurunan.

"Kalau BTN kan ada subsidi dan nonsubsidi. Kalau dilihat subsidi cukup bagus pertumbuhannya di atas 25%. Sedangkan untuk nonsubsidi khususnya yang di atas Rp1 miliar ini agak sedikit menurun ya," kata Yanti.

Melempemnya sektor properti nonsubsidi terlihat dari kurangnya minat masyarakat terhadap hunian kelas atas khususnya yang berharga Rp1 miliar. Hal itu justru berbanding terbalik dengan hunian subsidi, di mana jenis hunian ini diminati banyak sekali orang akan tetapi suplainya sangat kurang.

"Kalau masalah di rumah subsidi itu harus ada suplainya kalau demand-nya sudah enggak terbatas karena 13,5 juta loh. Kalau nonsubsidi memang bermasalah di demand apalagi untuk harga yang di atas Rp1 miliar memang penurunan penjualan. Jadi kalau ditanya ke developer penjualan memang turun di atas Rp1 miliar itu susah. Kalau dari 10 mungkin tiga saja sudah bagus dan itu dampaknya ke bank juga," tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini