Share

Tips Jitu Mendapatkan KPR

Agregasi Senin 10 Juli 2017 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 320 1731540 tips-jitu-mendapatkan-kpr-TPfNidOF2A.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

MEMBELI rumah idaman adalah impian setiap keluarga. untuk membeli rumah diperlukan dana yang lumayan cukup tinggi bagi sebagian orang meminjam dana di bank merupakan solusi. Akan tetapi meminjam dana di bank juga tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Bank mempunyai prosedur penilaian terhadap kita, apakah kita layak mendapat pembiayaan dari bank ataukah tidak. Untuk mengetahui lebih jauh teknik dan bagaimana prosedur bank agar pengajuan kredit rumah kita dapat diterima, kita harus memahami apa saja yang diperlukan agar dapat sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh kebanyakan bank.

1. Memahami Cara Kerja Bank

Ada baiknya kita mengenal cara kerja bank terlebih dahulu agar kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Pada dasarnya bank akan sangat berharap uangnya dapat dipinjamkan kepada nasabah sebagai modal usaha atau sebagai kredit kepemilikan rumah. Akan tetapi bank juga tidak mau dana yang dipinjamkan tadi menghilang atau tidak jelas pengembaliannya. Maka dari itu bank mempunyai cara dengan menerapkan berbagai macam prosedur keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bank mempunyai dua produk yang biasa kita kenal, yaitu tabungan, simpanan dan investasi. Dari ketiga produk ini, bank akan mengelola dana yang terkumpul. Uang yang akan menjadi dana pinjaman adalah dana tabungan yang kita masukkan pada sebuah bank. Dari dana tersebut bank akan memberikan pinjaman ke berbagai nasabah dengan konsekuensi pemberian jasa berupa bunga. Bunga pada pinjaman akan lebih tinggi dari bunga tabungan nasabah.

Selain itu untuk menarik nasabah menyimpan dananya pada bank tersebut adalah dengan memberikan produk investasi. Produk investasi tersebut adalah deposito, bunga deposito lebih besar dari tabungan. Sehingga diharapkan orang akan menanamkan dananya pada bank sebanyak-banyaknya agar mendapatkan margin dari bunga yang dijanjikan. Walaupun demikian bunga deposito juga tidak akan pernah lebih tinggi dari bunga pinjaman.

Sehingga apabila yakin dengan kriteria dan memenuhi persyaratan untuk sebuah pengajuan kredit maka dapat diyakini bank akan merespon dan memberikan kredit pada kita.

2. Mengetahui Kemampuan Membayar

Salah satu rahasia untuk mengajukan pinjaman pada bank adalah kita harus tahu perhitungan bank dalam mengkalkulasi kemampuan dalam bisa membayar dana pinjaman yang diberikan kepada kita. Jelas sekali alasan ini sangat diperhitungkan oleh pihak bank, pihak bank juga tidak menginginkan hal buruk terjadi pada Anda. Dengan memaksakan kemampuan untuk mengangsur pinjaman yang diberikan kepada Anda pada waktu yang disepakati.

Pertama-tama kita harus menghintung berapa besar kredit yang akan kita ajukan dan membagi dengan jumlah lama waktu kredit. Kita tidak bisa menambahkan Bunga karena kita belum mengetahui suku Bunga yang diberikan oleh bank. Sebagai referensi, bank akan memberikan kredit sebanyak 80% untuk rumah baru dan 70% untuk rumah yang sudah terpakai. Artinya kita harus menyiapkan sisa dari dana yang akan diberikan oleh bank. Dana inilah yang biasa kita kenal dengan istilah DP.

Setelah kita dapat memperkirakan angsuran yang kan kita bayarkan, langkah selanjutnya menghitung kemampuan bayar Anda. Caranya dengan mengkalikan pendapatan bersih kita perbulan dengan 30%. Dari hasil itu kita dapat mengetahui berapa kemampuan bayar kita yang ditafsir oleh bank. Jika pengajuan kredit kita kurang melebihi dari kemampuan bayar kita secara otomatis bank akan menolak pengajuan KPR kita.

3. Laporan Keuangan

Bank sering menggunakan rekening tabungan 3 bulan terakhir sebagai acuan untuk mengetahui transaksi dan alur kas pada keuangan kita. Oleh karena itu, apabila kita berencana untuk mengajukan pinjaman pada bank, maka sangat disarankan bagi Anda untuk dapat mengaktifkan rekening di bank agar terlihat lancar. Misalkan memasukkan dana bulanan yang terkumpul setiap bulannya ke rekening salah satu bank. Sehingga bank dapat mengetahui alur masuk dan keluar keuangan Anda.

4. Menyiapkan Dokumen

Siapkan dokumen untuk pengajuan kredit Anda. Untuk mengetahui detail tentang dokumen pengajuan. Anda dapat menghubungi customer service pada bank yang ingin dipilih sebagai pemberi dana KPR. Ajukan pertanyaan sedetail-detailnya, karena pihak bank juga akan senantiasa memberikan keterangan kepada Anda perihal dokumen.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini