Image

Tarif Transportasi Online Disesuaikan, Emiten Taksi Dapat Angin Segar

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 05:34 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 17 278 1738508 tarif transportasi online disesuaikan emiten taksi dapat angin segar 6HZck41lGZ jpg Ilustrasi taksi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kinerja keuangan dari PT Blue Bird Tbk (BIRD) dan PT Express Transindo Tbk (TAXI) diprediksi dapat terjaga dengan adanya pemberlakuan tarif batas atas dan batas bawah taksi online. Dengan aturan tarif baru ini, diyakini dapat mengurangi disparitas tarif antara dua jenis taksi tersebut.

Harapannya, konsumen yang selama ini selalu menggunakan taksi online lantaran tarif yang murah, kembali mempertimbangkan penggunaan taksi konvensional.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, dengan adanya aturan ini kinerja emiten transportasi seperti PT Blue Bird Tbk (BIRD) dan PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) diharapkan tidak terlalu turun dalam.

"Kalau kinerja keuangan membaik maka sahamnya pun akan membaik. Itu asumsi yang ada di pasar," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Akan tetapi, lanjut Reza, dalam praktiknya memang tidak selalu memenuhi ekspektasi. Walaupun ada kenaikan tarif, konsumen yang terlanjur nyaman dengan fasilitas taksi online tidak mudah berpindah pilihan.

"Selama ini yang sudah nyaman dengan naik grab car, terus kemudian kenaikan tarif bukan berarti merka berganti karena sudah nyaman mudah dan karena terbiasa dengan taksi online," jelas Reza.

"Apa yang diasumsikan oleh pasar pada kenyataannya berbeda di lapangan," imbuh dia.

Sebagai catatan, Penerapan tarif baru taksi online mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Menginjak minggu ketiga, aturan ini belum berjalan sebagaimana mestinya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini