Image

RAHASIA SUKSES: Wanita Cantik 24 Tahun Jadi Miliarder Termuda China, Apa Kuncinya?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 13 320 1755110 rahasia-sukses-wanita-cantik-24-tahun-jadi-miliarder-termuda-china-apa-kuncinya-BxRyHKrfDM.jpg (Foto: Jing Daily)

JAKARTA - Kerja keras dan konsistensi menjadi salah satu kunci para miliarder dunia dalam membangun kesuskesannya. Namun, jika Anda ingin menjadi orang kaya dalam waktu yang singkat ada cara yang lebih gampang: Nikahi seorang miliarder.

Inilah yang terjadi pada Zhang Zetian, wanita muda berumur 24 tahun yang masuk ke dalam daftar 500 terkaya versi majalah Chinese New Fortune Mei ini. Dia masuk dalam daftar tersebut, bahkan dia didaulat sebagai miliarder termuda di China setelah menikahi salah satu orang terkaya ke-16 di China.

Zhang pertama kali menjadi terkenal pada tahun 2009 ketika sebuah foto dirinya memegang secangkir teh menjadi viral. Zhang, yang saat itu berusia pertengahan remaja, diberi julukan Naicha meimei atau “milk tea little sister”.

Baca juga:

RAHASIA SUKSES: Bisnis Nyonya Meneer Berawal dari Peralatan Dapur

RAHASIA SUKSES: Mengusut Aliran Kekayaan Vladimir Putin, Orang Nomor 1 di Rusia

Dia kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Tsinghua yang prestisius di China pada 2011. Setahun kemudian, dia menjadi mahasiswi pertukaran ke New York Barnard College, dan bertemu dengan calon suaminya Liu Qiangdong, yang 19 tahun lebih tua darinya.

Liu sendiri adalah pendiri dan CEO perusahaan e-commerce di China, JD.com, salah satu pesaing utama Alibaba. Saat ini, JD.com memiliki lebih dari 236 juta akun aktif pada 2016. Angka ini menurun dari 423 akun aktif tahun sebelumnya.

Dua tahun kemudian, pada 2014, Zhang membintangi sebuah video promosi untuk Olimpiade Pemuda musim panas di Nanjing. Bakatnya di depan kamera menarik banyak sutradara untuk meminangnya ke film box office seperti "House of Flying Daggers" dan "The Great Wall". Namun, semuanya ditolak oleh Zhang.

Setahun kemudian, pada Agustus 2015, Zhang dan Liu pun menikah, setelah berkencan selama sekitar tiga tahun. Uniknya, pasangan tersebut kerap menolak hubungan mereka secara terbuka untuk waktu yang lama, dengan mengatakan bahwa mereka hanya teman sekelas.

Baca juga:

RAHASIA SUKSES: Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Pernah Jadi 'Koki' McDonald

RAHASIA SUKSES: Goh Cheng Liang, Miliarder yang Tak Pernah "Makan Kursi" Sekolah


Mereka melangsungkan pernikahan di Beijing pada Agustus 2015, dan mengadakan upacara mewah di Sydney dua bulan kemudian. Zhang kemudian dianugrahi anak perempuan pertama pada Maret 2016. Beberapa bulan kemudian, pasangan tersebut berinvestasi pada perusahaan susu formula Australia.

Namun, keberadaan Zhang di JD.com bukan hanya sebagai pemanis. Dia patut mendapat kredit untuk kesuksesan JD.com, karena dia membantu mempromosikan bisnis fashion dan barang mewah di situs ini. Zhang, yang memiliki tempat di antara klien couture bukan hanya karena kekayaannya, tetapi juga atas usahanya mempromosikan mode JD.com dan Portofolio mewah.

Dia juga telah berinvestasi di berbagai perusahaan seperti Uber sebagai bagian dari portofolio keluarga Liu. Zhang telah secara aktif mempromosikan portofolio mewah JD.com, serta proyek kesejahteraan masyarakat e-commerce raksasa mereka.

Zhang yang dulunya hanya terkenal dari foto viralnya, kini menghadiri acara karpet merah selama Festival Film Internasional Cannes. Pada April tahun ini, Zhang mewakili JD di American Apparel and Footwear Association Gala. Baru-baru ini, dia

Namun, dia tetaplah Zhang yang rendah hati. Bahkan, pada Maret kemarin dia mewakili JD bertemu dengan Bill Gates untuk peluncuran platform penggalangan dana publik JD.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini