nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canggih! Penyaluran Bansos Dilakukan Melalui Account Bank

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 24 320 1762377 canggih-penyaluran-bansos-dilakukan-melalui-account-bank-7TRlVSpm54.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Sosial membuat teknologi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat kecil. Hal ini bertujuan agar penyaluran bansos bisa lebih cepat dan tepat sasaran.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Andi Z Dulung mengatakan teknologi yang digunakan untuk penyaluran bansos yakni penggunaan account bank. Dimana untuk mendapatkan bansos, nantinya masyarakat harus membuka rekening terlebih dahulu di bank.

Baca juga: Gunakan Teknologi, Penyaluran Bansos Bakal Lebih Cepat!

"Kita gunakan (teknologi) account di bank," ujarnya di hotel Pullman, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Nantinya lanjut Andi, setelah mendapatkan account di bank, makan para masyarakat penerima bansos dengan menggunakan kartu. Karena penggunaan kartu dinilai lebih murah dari yang lainnya

"Kemudian teknologinya apakah menggunakan handphone atau tidak, kita cari yang murah jadi berbasiskan kartu saja," jelas Andi.

Baca juga: Alhamdulillah... Penyaluran Bantuan Sosial Nontunai Ditargetkan Rampung Bulan Ini

"Kita juga menggunakan ponsel tapi belum merata karena kan terbatas yaa," imbuhnya.

Sementara untuk caranya juga sangat mudah dan cepat. Dimana pemerintah akan mendata dan mengumpulkan keluarga yang layak mendapatkan bansos.

Setelah itu barulah pemerintah menyerahkan data tersebut kepada perbankan. Untuk kemudian perbankan membuat account dan kartunya untuk segera digunakan oleh penerima bansos.

Baca juga: Catat, Penyaluran Bantuan Sosial Lebih Mulus jika Infrastruktur Daerah Mendukung

"Siklusnya sangat mudah jadi pemerintah dengan data yang sudah ada, data diserahkan ke perbankan, kemudian perbankan membuat rekening, cetak kartu, dan kartunya sudah bisa didapatkan," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini