Wow! Ada 44 Fintech Baru, OJK Kebanjiran Perusahaan Startup

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 320 1765366 wow-ada-44-fintech-baru-ojk-kebanjiran-perusahaan-startup-rn1fufuHLI.jpg Ilustrasi Fintech. (Foto: Beta News)

JAKARTA - Perkembangan industri Financial Technology (Fintech) sangat pesat, seiring banyaknya bisnis startup yang bermunculan dan membutuhkan permodalan. Data terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, ada 44 perusahaan Fintech baru yang mendaftarkan diri.

Selain itu, ada 16 perusaahan Fintech yang diizinkan oleh OJK dan resmi beroperasi. Sementara untuk 44 perusahaan yang lain masih dalam proses untuk memperoleh legalitas.

"Jadi yang sudah dapat izin 16, sementara 44 sedang dalam proses memperoleh status pendaftar. Kemudian 35 yang sudah menyampaikan surat pernyataan minat," katanya di di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Dia melanjutkan, dari 16 Fintech, 8 di antaranya sudah menyalurkan pinjaman dan melaporkannya ke OJK. Berdasarkan laporan yang diterima OJK, total pinjaman yang sudah disalurkan hampir mencapai Rp1 triliun, sementara untuk penyaluran pendanaan bisa lebih dari itu.

"8 Fintech yang sudah melaporkan dan ‎itu akumulasi pinjaman dari 8 Fintech itu sudah hampir Rp1 triliun. Itu pemberian pinjaman. Kalau pendanaan bisa jadi Rp10 triliun," jelasnya.

Dia melanjutkan, ‎dalam industri Fintech, pencari dana sangat mudah mendapati orang yang mau memberikan pinjaman. "Tapi sangat susah dan hati-hati siapa yang bisa melihat risiko orang, siapa yang layak diberikan pinjaman. Misal saya sih siap saja memberikan pinjaman tapi hati-hati loh," lanjutnya.

Menurut dia, sedikitnya sudah ada 200.000-an yang melakukan pinjaman melalui Fintech. Namun masih sulit diketahui ke sektor mana saja pinjaman itu mengalir. "Nah kami sebenarnya di OJK sedang membangun sistem monitoring pelaporan Fintech secara terintegerasi sehingga sektor apa saja bisa didapatkan," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini