Image

Setelah Palembang, Jokowi Resmikan Tol Baru di Medan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 08:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794526 setelah-palembang-jokowi-resmikan-tol-baru-di-medan-FbLxHw9ECt.jpg Foto: Antara

MEDAN - Setelah meresmikan jalan tol Palembang-Indralaya pada Kamis 12 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pengoperasian jalan tol Medan-Binjai dan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi hari ini.

Menurut agenda yang dikutip Okezone, Medan, Jumat (13/10/2017), peresmian dua ruas tol Trans Sumatera dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Dalam peresmian dua ruas tol ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Jalan Tol Pelembang-Pemulutan Belum Selesai Semua, Jokowi Minta Masyarakat Bersabar

Sekedar informasi, tol Binjai-Medan seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) sepanjang 10,46 km dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 2-6 (Parbarakan-Sei Rampah) sepanjang 41,65 km.

Pengoperasian ini sempat mundur dari rencana awal yakni pada 10 Oktober 2017. Kedua tol ini sebelumnya sudah sempat dibuka pada Juni 2017 untuk mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran 2017.

Pembangunan jalan Tol Medan-Binjai menelan biaya investasi sekira Rp1,76 triliun. Tol ini digarap oleh PT Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Resmikan Jalan Tol Palembang-Pemulutan, Jokowi: Ini yang Pertama di Sumatera Selatan

Sementara itu, pembangunan jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan biaya investasi sebesar Rp4,07 triliun. Tol ini terbagi menjadi tujuh seksi. Seksi 1-6 sepanjang 52,85 km yang terbentang dari Tanjung Morawa hingga Sei Rampah. Sementara, Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi ditargetkan rampung pada April 2018 karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman.

Jika seluruh ruas tersebut dapat diselesaikan, maka panjang jalan tol tersebut akan mencapai 61,72 km dan akan terkoneksi dengan tol Belawan, Medan, dan Tanjung Morawa (Belmera). Untuk diketahui, pemegang konsesi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi adalah konsorsium PT Jasa Marga Kualanamu Tol.

Baca Juga: Baru Diresmikan, Jokowi Minta Jalan Tol Palembang-Pemulutan Gratis 2 Bulan

"Semua sudah siap 100% termasuk rambu, marka jalan, dan infrastruktur pendukung jalan tol juga telah dipasang sempurna," ujar Menteri PUPR Basuki belum lama ini.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini