Image

Setelah Sawit, Jokowi Bakal Remajakan Kopi dan Kakao

Mewan Haqulana , Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 19:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1795027 setelah-sawit-jokowi-bakal-remajakan-kopi-dan-kakao-vm1M9K7i6r.jpg Foto: BPIM

BANYUASIN - Presiden Joko Widodo melakukan peremajaan 4.446 hektar kebun kelapa sawit di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Banyuasin. Program replanting atau peremajaan kebun ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Lahan di Sumatera Selatan menjadi pilot project, kemudian akan menyusul di wilayah Sumatera Utara, Riau, Jambi dan provinsi lainnya di Sumatra. "Difokuskan dulu ke Sumatra, setelah itu baru bergeser ke pulau Kalimantan dan yang lain, agar lebih fokus dan mudah dikontrol" jelas Jokowi, Jumat (13/10/2017).

Baca juga: Peremajaan Kebun Kelapa Sawit, Jokowi: Tahun Ini Fokus di Sumatra

Selain peremajaan lahan perkebunan sawit, pemerintah pusat akan meremajakan perkebunan kopi, karet, pala dan perkebunan lain. Tujuannya agar menaikkan produktifitas hasil panen masyarakat, sehingga berbanding lurus dengan pendapatan.

"Sebenarnya hasil panen bisa naik berkali lipat bila di remajakan. Karena tanah kita subur, cuma kurang peremajaan," jelas presiden.

Pada kesempatan ini Jokowi secara simbolis juga membagikan bibit unggul kepada petani, sekaligus bibit jagung untuk tanaman tumpang sari dan sertifikat tanah perkebunan masyarakat yang baru dikeluarkan dari kawasan hutan.

Baca juga: Mendarat di Sumatra Selatan, Jokowi Siap-Siap Tanam Sawit

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan apresiasinya atas upaya peremajaan lahan sawit di Muba. Menurutnya, pemerintah pusat akan terus memberikan support dengan program kerakyatan ini. Pasalnya, saat ini masih banyak sekali perkebunan kelapa sawit rakyat yang produksinya masih rendah, sehingga mendesak sekali untuk dilakukan peremajaan ditambah lagi lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat cukup besar di Indonesia.

"Tadi kita sudah ngobrol sama para petani, dan memang menjadi kebanggaan bagi mereka para petani disini bisa bertemu langsung presiden Jokowi. Kenapa program ini pertama kali dilaksanakan di Musi Banyuasin yakni menandakan betapa aktifnya kepala daerah baik Bupati maupun Gubernur," ujarnya.

Sementara, Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengatakan, peremajaan kelapa sawit yang dilakukan merupakan langkah strategis menerapkan prinsip perkebunan berkelanjutan, ramah lingkungan dengan tetap mengedepankan aspek sosial memperkuat kedaulatan kelapa sawit di dunia

Menurutnya, setelah program peremajaan kelapa sawit berjalan dengan baik, Muba akan terus menggalakan program pertanian dan perkebunan di antaranya peremajaan lahan karet.

"Program ini pertama di Indonesia, dan Muba siap menjadi contoh yang baik dan sukses bagi daerah lain di Indonesia untuk mengimplementasikan program tersebut," ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini