Share

Sah! Pemegang Saham Setujui BRI Stock Split 1:5, Jadi Rp3.000/Saham

Ulfa Arieza, Okezone · Rabu 18 Oktober 2017 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 18 278 1797938 sah-pemegang-saham-setujui-bri-stock-split-1-5-jadi-rp3-000-saham-b5HP8d8WBf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melakukan pemecahan nominal saham atau stock split dengan rasio 1:5. Aksi korporasi ini telah disetujui pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselanggarakan hari ini.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga mengungkapkan, latar belakang perseroan melakukan stock split adalah harga saham BBRI telah mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir dengan CAGR sebesar 14,02%. Namun dengan peningkatan CAGR volume perdagangan saham justru menunjukkan tren penurunan seiring dengan semakin tingginya harga saham.

"Melalui stock split perseroan bermaksud meningkatkan basis investor ritel domestik," ujarnya sebagaimana dikutip melalui keterangan tertulis, Rabu (18/10/2017).

Baca Juga: Gelar RUPSLB, BRI Bakal Rombak 2 Direksi dan Komisaris?

Hari melanjutkan, keberadaan investor ritel domestik diharapkan mampu memberi keseimbangan sekaligus untuk mendukung program yang tengah digalakan oleh PT Bursa Efek Indonesia, untuk menjaring investor retail.

Selain itu, dengan harga yang lebih terjangkau, perusahaan yang sahamnya masuk dalam ketegeori blue chip ini, memberikan kesempatan pada investor ritel domestik untuk mampu memiliki saham blue chip.

Pemecahan nominal saham dengan rasio 1 : 5 menurut Hari adalah pertimbangan bahwa rasio dimaksud merupakan rasio yang paling optimal bagi investor ritel. Harga saham setelah stock split berada pada kisaran Rp3.000 dengan harga nominal menjadi Rp50 per saham dan fraksi harga Rp10.

"Perseroan berharap mampu menarik investor ritel domestik secara lebih luas. Dengan harga saham yang terjangkau, Perseroan mengharapkan likuiditas perdagangan akan semakin meningkat," kata dia.

Baca Juga: Bawa Kabur Rp6 Miliar, Polisi Bentuk 4 Tim Kejar Pegawai BRI


Rencana perdagangan dengan nilai nominal setelah pemecahan akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2017. Sementara itu pada penutupan perdagangan hari ini, saham BBRI ditutup stagnan di level Rp15.400 Saham BBRI diperdagangkan dalam range Rp15.300-Rp15.475.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini