Dilelang, Catatan Teori Kebahagiaan Albert Einstein Terjual Rp21 Miliar

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 320 1802651 dilelang-catatan-teori-kebahagiaan-albert-einstein-terjual-rp21-miliar-g2ZnDwcAeX.jpg (Foto: Koran SINDO)

JAKARTA - Catatan yang ditulis Albert Einstein berisi nasihat tentang kebahagiaan hidup terjual dalam lelang di Yerusalem senilai USD1,56 juta (Rp21 miliar).

Einstein memberikan catatan itu kepada seorang kurir di Tokyo pada 1922 sebagai pengganti uang tip. Saat itu Einstein baru saja mendengar kabar bahwa dia menang Nobel Fisika dan menjelaskan bahwa jika dia beruntung, catatan itu akan sangat bernilai tinggi. Dia menjelaskan dalam catatan itu bahwa mencapai tujuan yang lama diimpikan tidak menjamin kebahagiaan.

Fisikawan kelahiran Jerman itu meraih Nobel dan berada di Jepang saat tur memberikan kuliah. Saat seorang kurir datang ke kamarnya untuk membawa kiriman, Einstein tidak memberinya uang sebagai tip atas jasa kurir tersebut. Einstein justru memberinya catatan dengan tanda tangannya, menggunakan kertas dengan lambang Imperial Hotel Tokyo.

Satu kalimat dia tulis dalam bahasa Jerman yang artinya, ”Hidup yang tenang dan rendah hati akan memberi lebih banyak kebahagiaan dibandingkan mengejar kesuksesan dan kegelisahan konstan yang datang bersamanya.” Catatan kedua ditulis dengan kalimat, ”Di mana ada keinginan, di situ ada jalan.”

Menurut rumah lelang Winner, catatan kedua itu terjual senilai USD240.000. ”Nilai penjualan pada kedua catatan itu jauh lebih tinggi dibandingkan perkiraan harga pra lelang,” papar pernyataan rumah lelang tersebut. Pembeli salah satu catatan itu adalah warga Eropa yang ingin namanya tetap di rahasiakan.

Penjual catatan itu adalah keponakan kurir tersebut. Einstein juga terkenal dengan berbagai nasihatnya yang lain, yakni ”Kita tidak dapat menyelesaikan masalah kita dengan pemikiran yang sama yang kita gunakan saat menciptakan masalah itu.” Nasihat Einstein lainnya, ”Tanda kecerdasan sebenarnya bu kan pengetahuan, tapi imajinasi.”

Einstein juga sering mengucapkan, ”Kita masih tidak tahu seperseribu dari satu persen tentang apa yang alam ungkapkan kepada kita.” Dia juga sering mengatakan, ”Saat Anda berpacaran dengan seorang gadis selama satu jam, rasanya seperti satu detik. Saat Anda duduk di abu panas se detik, terasa seperti satu jam. Itu lah relativitas.”

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini