nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MoU, Kemenhub dan BP Batam Bagi Tugas Kelola Kawasan Perdagangan Bebas

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 11:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 14 320 1813674 mou-kemenhub-dan-bp-batam-bagi-tugas-kelola-kawasan-perdagangan-bebas-govFwALy8p.jpg MoU KemenPan-RB dengan BP Batam

JAKARTA - Guna mendorong pertumbuhan Batam, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait penyelengaraan pelabuhan pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

"BP Batam ini sangat strategis dan harus kita support dengan cara-cara yang lebih kompetitif," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (PAN RB), Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia yakin, dengan adanya penandatanganan kesepakatan ini, maka akan memberikan kejelasan mengenai pembagian fungsi antara PB Batam sebagai operator dan Kemenhub sebagai regulator.

"Menhub punya dua fungsi regulator dan operator, dengan MoU ini akan memberikan fungsi operator kepada pihak BP batam, sedangkan fungsi regulator ini masih ada di kemenhub," ujarnya.

Menurutnya, dengan pembagian fungsi ini maka akan semakin mempermudah pergerakkan BP Batam untuk bersaing dengan negara-negara lainnya. "Dengan fungsi yang jelas dan baik ini, BP Batam akan lebih lincah untuk bersaing dengan pesaing-pesaing kita," jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyatakan optimistis hal ini akan mendorong perekonomian Batam yang saat ini dirasa tengah melemah.

"Kita tahu pada saat ini ekonomi di Batam mengalami penurunan karena salah satunya ketidakpastian ini (fungsi Kemenhub dan BP Batam), tetapi saya yakin betul akan ada satu pergerakkan yang sangat positif perekonomian di Batam, terkhususnya karena adanya perbaikan pelayanan di Batam," ungkapnya.

Sekadar informasi, keduanya telah menyepakati pembagian fungsi dalam penyelenggaraan pelabuhan di KPBPB Batam yakni: fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran oleh Kementerian Perhubungan, fungsi pengusahaan dilaksanakan oleh BP Batam; serta fungsi penyelenggara pelabuhan dilaksanakan yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh Kemenhub dan BP Batam melalui pembagian tugas.

Selanjutnya dalam hal format kelembagaan Penyelenggara Pelabuhan, Kemenhub melakukan transformasi kelembagaan Kantor Pelabuhan Batam menjadi Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam. Sedangkan BP Batam melakukan transformasi kelembagaan Kantor Pelabuhan Laut Batam menjadi Badan Pengelola Pelabuhan Khusus Batam.

Selain itu, BP Batam dan Kemenhub bekerja sama dalam hal pertukaran data dan informasi terkait keberangkatan dan kedatangan kapal dari dan menuju wilayah Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini