Image

OJK Prediksi Rasio Kredit Macet Perbankan Turun Jadi 2,5%

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 20:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 23 320 1819495 ojk-prediksi-rasio-kredit-macet-perbankan-turun-jadi-2-5-yKSP37T39T.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan menyatakan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) industri perbankan akan turun pada akhir tahun nanti. OJK memprediksi pada akhir tahun nanti NPL bisa turun ke angka 2,5%.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Slamet Edy Purnomo mengatakan dirinya optimis bisa mencapai target perkiraan tersebut. Pasalnya hingga Oktober 2017 saja, NPL perbankan hanya sekitar 2,9% saja.

"Iya kita berharap NPL bisa turun sekitar 2,5% optimislah kita," ujarnya saat ditemui di Lapangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Baca Juga: Ditopang Infrastruktur, OJK Klaim Kredit Perbankan Bulan Oktober Tumbuh 8,18%

Optimisme tersebut dikarenakan kualitas kredit diberbagai sektor yang sudah mulai pulih. Seperti sektor konsumer hingga koorporasi, sementara kredit pada sektor komersial masih dirasa belum bisa bangkit dari kelesuan.

"Kredit konsumer bagus. Komersial yang agak enggak bagus," ucapnya

 Baca Juga: Pertumbuhan Kredit Lesu, Gubernur BI: Korporasi Masih Konsolidasi

Oleh karena itu lanjut Edy, pihaknya meminta kepada pihak perbankan untuk melakukan konsolidasi mengenai bisnis mereka, sehingga target NPL tersebut bisa tercapai.

"Kan Desember mereka kejar performance kan mau publikasi. Mereka ngejar itu. Target RBB (Rencana Bisnis Bank) harus tercapai, sehingga mereka harus konsolidasi untuk kejar performance," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini