nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cadangan Tanah Terbatas, Ini Keuntungan Bangun Hunian TOD

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 21:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 28 470 1822196 cadangan-tanah-terbatas-ini-keuntungan-bangun-hunian-tod-OzDcJcjyPJ.jpg Foto: TOD Pondok Cina (Okezone)

JAKARTA - Hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) belakangan menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang. Hal ini tidak terlepas dari masifnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

Ketua Dewan Pengurus Housing and Urban Development Institute Muhammad Joni mengatakan, tren hunian TOD memberikan banyak manfaat bagi semua pihak. Dari sisi pemerintah, hunian TOD bisa mengintegrasikan transportasi yang dibangun oleh pemerintah.

Apa yang telah dibangun oleh pemerintah bisa termanfaatkan. Selain itu masyarakat juga dapat termanjakan karena huniannya sangat dekat dengan akses transportasi umum.

 Baca Juga: Hunian TOD Terganjal Rencana Tata Ruang Wilayah, Apa Kata Sofyan Djalil?

"Pengembangan TOD ini tujuannya untuk mengabdi kepada siapa? Bisa juga untuk mengintegrasikan infrastruktur (LRT/MRT) yang telah dibangun oleh pemerintah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ATR, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Selain itu lanjut Joni, hunian TOD juga menjawab tantangan penyediaan hunian kepada masyarakat. Apalagi, stok tanah yang ada semakin terbatas dengan jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunya.

"TOD juga sebagai langkah dalam menjawab penyediaan housing di tengah keterbatasan tanah," ucapnya.

 Baca Juga: Bisakah Pengembang Swasta Garap Hunian Dekat Stasiun di Tanah PT KAI?

Dengan demikian, hunian TOD juga bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat. Pasalnya dengan hunian TOD, masyarakat akan diberikan hak bermukim dengan harga yang terjangkau.

"Lebih dari itu, (TOD) juga memastikan hak bermukim kepada masyarakat seperti halnya kebutuhan sandang dan pangan," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini