Menteri Susi: Kalau Ada Calo Program, Laporkan ke Saya!

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 12 320 1829164 menteri-susi-kalau-ada-calo-program-laporkan-ke-saya-fsGDlBGjLl.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) terus mendorong agar korupsi di Kementerian Lembaga terus ditekan. Oleh karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti menegur kontraktor yang masih menghabiskan dananya demi mendapatkan proyek dari pejabat KKP.

"Saya minta kontraktor, Anda tidak perlu ngasih siapa-siapa lagi, kalau ada yang minta, kasih tahu saya, kalau ada calo program, proyek dari rekanan KKP laporin saya. Anda tak perlu lagi jamu pejabat KKP. Tapi saya minta harga yang ditawarkan ke KKP itu harga yang wajar," tegas Susi dalam acara Sosialiasi Program Kementerian KKP 2018 di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (12/12/2018).

Dia menyatakan, kontrakstor seringkali tidak melaksanakan perjanjian kontak dengan seharusnya. Oleh karena itu, dia pun meminta untuk setiap kontraktor yang melaksanakan proyek KKP untuk dapat menyelesaikan proyek sesuai perjanjian yang ada.

"Jaman era digital, jangan Anda berpikir apa yang Anda lakukan bisa di tak ketahui. Kalau saya tidak katakan semuanya, bukan berarti saya tidak tahu apa yang terjadi. Era digitalisasi dan keterbukaan itu sangat luar biasa. Jangan sampai misal kapal fiber, fibernya dikurangi jadi enteng, nelayan yang pakai juga takut karena jadi enteng, takut kapal pecah jadi dua," tuturnya.

Baca Juga: Ruangan Seketika Hening Saat Menteri Susi Kesal Biaya Kegiatan Rp500 Juta, Rapatnya Bisa Rp2 Miliar

Dia pun meminta setiap pihak untuk bekerja dengan anggaran yang logis, mengingat anggaran yang digunakan juga sebagain berasal dari utang negara.

"Kita bawa ke logis, supaya proyeknya yang ada banyak ini kita bawa untuk masyarakat. Utang kita tiap tahun nambah, karena inefisiensi, pembangunannya keliatan kecil-kecil karena kita terus pakai anggaran untuk tidak penting," pungkasnya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) KKP di 2018 sebesar Rp7,8 triliun. Di mana sekira 70% akan dibelanjakan untuk kepentingan stakeholders dan pelayanan publik. Bila dibandingkan pagu anggaran 2017 sebesar Rp9,13 triliun, maka terjadi penurunan anggaran sebesar 20,26%.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini