Image

RAHASIA SUKSES: Beli Bitcoin saat USD1, Roger Ver Jadi "Tuhan" Bitcoin

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017, 18:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 16 320 1831347 rahasia-sukses-beli-bitcoin-saat-usd1-roger-ver-jadi-tuhan-bitcoin-Sd4QhpAZOB.jpg (Foto: SCMP)

JAKARTA - Harga Bitcoin telah melonjak tinggi dalam beberapa tahun terakhir dan telah membuat para investornya menjadi orang-orang kaya. Bagaimana tidak, bitcoin telah melonjak ribuan persen sejak 2013 dan menciptakan sejumlah miliarder.

Salah satunya adalah Roger Ver, yang mulai berinvestasi pada bitcoin pada awal 2011 dan menghasilkan jutaan dolar dari mata uang virtual ini. Sebelum harganya meroket hingga USD14.000, dia membeli bitcoin pertamanya sekitar USD1. Tidak heran dia kemudian dijuluki “Bitcoin Jesus” atau “Tuhan dari Bitcoin”.

Meski demikian, Ver tidak merasa lebih kaya meskipun kekayaannya jauh lebih likuid daripada di rekening bank biasa. Ver adalah satu dari ratusan investor yang telah sukses dengan bitcoin.

Roger Ver lahir pada Februari 1979 di San Jose, dia masuk ke De Anza College selama setahun, lalu keluar untuk mengejar kepentingan bisnisnya. Ver pun melakukan berbagai bisnis sebelum mesuk ke Bitcoin. Bahkan, dia pernah melakukan tindakan kriminal karena bisnis tersebut.

Baca juga:

RAHASIA SUKSES: The Ning King, "Pengusaha Senior" yang Hemat Bicara

RAHASIA SUKSES: SI Kembar Winklevoss, Miliader Bitcoin yang Pernah Gugat Bos Facebook

Awalnya dia memulai dengan bisnis suku cadang komputer, MemoryDealers.com, pada 1999. Setahun kemudian, dia berusaha memasuki dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota Majelis Negara Bagian California namun gagal.

Dua tahun kemudian, Ver ditetapkan bersalah setelah menjual bahan peledak, yang dipasarkan sebagai Pest Control di eBay pada 2000. Departemen Kehakiman AS menilai dia telah menjual bahan peledak tanpa lisensi, dan dia dijatuhi hukuman 10 bulan di penjara federal.

Perusahaan Missouri, Max 2000 Inc. yang telah memproduksi Pest Control Report 2000, setuju untuk berhenti menjual petasan pertanian pada Januari 2003 setelah menjual lebih dari satu juta produk.

Setelah kegagalannya itu, dia pun pindah ke Tokyo, Jepang, pada 2006. Dia pun menjadi warga negara Saint Kitts dan Nevis dan meninggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat pada 2014.

Di Jepang, Ver bekenalan dengan bitcoin dan melihat bitcoin sebagai sarana untuk mempromosikan kebebasan ekonomi. Ver mulai berinvestasi di bitcoin di awal tahun 2011. Investasi pertama yang dia buat adalah untuk Bitinstant Charlie Shrem.

Ver kemudian menginvestasikan lebih dari satu juta dolar ke startup terkait bitcoin yang baru termasuk Ripple, Blockchain.info, Bitpay dan Kraken. Saat itu, MemoryDealers.com, sebuah situs web yang menjual sparepart komputer dengan harga diskon, menjadi bisnis mainstream pertama yang menerima bitcoins sebagai pembayaran.

Pada 2012, dia menciptakan bitcoinstore.com dengan ratusan ribu item tersedia untuk pembelian dengan bitcoin. Pada Mei 2014, akun email lama yang digunakan oleh Ver telah diretas dan digunakan untuk usaha menebus bitcoin yang gagal.

Di tahun yang sama, Ver mengadakan pertemuan bitcoin di Sunnyvale. Dia adalah satu dari lima pendiri Yayasan Bitcoin. Ver ingin bitcoin menyaingi mata uang fiat utama. Ver dan teman sekolahnya Jesse Powell berusaha membangun kembali pertukaran Mt Gox selama penurunan harga bitcoin pada Juni 2011.

Pada akhir 2015, Ver telah menjadi investor bitcoin terbesar di Reddit. Dia adalah CEO Bitcoin.com dan memiliki nama domainnya. Ver mendapatkan kendali atas bitcoin.com pada bulan April 2014.

Namun, dia visanya ditolak ketika ingin kembali ke Amerika Serikat oleh Kedutaan Besar AS di Barbados, yang mengklaim bahwa dia tidak memiliki alasan yang cukup untuk memotivasi dia pergi ke Amerika, yang menyebabkan ketakutan bahwa dia mungkin menjadi imigran ilegal.

Dia pun pergi ke Tokyo dan visanya disetujui oleh Kedutaan Besar AS di Tokyo, dan dia mengunjungi Amerika Serikat pada bulan Juni 2016 untuk berbicara di sebuah konferensi Bitcoin besar di Denver, Colorado.

Menurutnya, Bitcoin akan mengalami banyak gelembung di sepanjang perjalanannya dalam memperbaiki kehidupan setiap orang di planet ini. Meski demikian, dia tidak peduli dengan fluktuasi harga jangka pendek Bitcoin.

Pekan lalu ini, Ver membuat sumbangan amal berbasis bitcoin terbesar. Ver menyumbangkan 1.000 bitcoin atau lebih dari USD1 juta ke Foundation for Economic Education - sebuah organisasi Amerika yang mempromosikan prinsip-prinsip ekonomi laissez-faire.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini