Image

TIPS KARIER : Semester Akhir? Jangan Langsung Melamar Kerja, Cari Tahu Dulu Pekerjaan Anda

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017, 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 22 320 1834534 tips-karier-semester-akhir-jangan-langsung-melamar-kerja-cari-tahu-dulu-pekerjaan-anda-DQfJBf6eQN.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Semester akhir ketika mendekati kelulusan, biasanya Anda mulai merasa cemas dengan masa depan. Anda akan mulai berpikir akan kerja apa setelah lulus dan bagaimana mendapatkan secepatnya.

Namun, jika Anda belum benar-benar lulus dan mencoba melamar pekerjaan ke banyak tempat, mungkin ini dapat dikatakan suatu hal yang terlalu terburu-buru. Contohnya, jika Anda melamar pekerjaan pada bulan Oktober namun hingga bulan Mei berikutnya kelulusan tak kunjung datang, ini berarti Anda menghabiskan waktu Anda dan waktu perusahaan tempat Anda melamar.

Lain hal jika Anda memperluas pengetahuan Anda terkait pekerjaan yang ingin Anda lakukan ketika lulus nanti. Hal ini tidak akan menghabiskan waktu Anda, bahkan hal ini dapat membantu Anda, tidak peduli kapan Anda akan melamar pekerjaan nantinya.

Berikut hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan karier Anda ke depan:

Mencari informasi dari sumber di lapangan

Terlepas dari kapan Anda akan lulus, Anda dapat mulai mencari tahu dan belajar lebih banyak tentang lapangan Anda nantinya. Dalam hal ini Anda juga memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kesempatan baik kesempatan pada saat ini atau mungkin di masa mendatang. Hal ini sangat penting karena dapat membangun hubungan yang akan membantu karier Anda ke depan.

Tambah pengetahuan tentang lapangan kerja

Cobalah untuk mencari tahu dan mendalami hal yang sedang terjadi di lapangan tempat Anda bekerja nantinya. Cari tahu apa yang dicari oleh orang-orang yang berada di lingkaran Anda. Dengan hal ini Anda dapat mulai mencari tahu mengenai kesempatan di lapangan yang dapat Anda isi kekosongannya. Anda dapat mencarinya di publikasi perdagangan, koran, dan semua catatan rutin yang ada di lapangan Anda.

Pantau daftar pekerjaan

Mencari lowongan pekerjaan dan publikasi industri dapat memberi Anda pengertian tentang jenis bukaan di bidang Anda. Terus pantau lowongan terbaru, untuk belajar lebih banyak. Cari tahu keterampilan apa yang diinginkan dan pengalaman apa yang paling diminati. Begitu juga dengan lokasi atau daerah mana yang paling diminati oleh perusahaan.

Komunikasi dengan orang-orang dekat

Meskipun kelulusan Anda mungkin masih jauh, tidak ada salahnya untuk mulai membicarakan pekerjaan Anda dengan dosen, orang tua, atau orang-orang yang biasa Anda temui. Mulailah berkoneksi dari hati kepada orang-orang yang dekat dengan Anda. Katakanlah bahwa Anda siap menerima masukan mereka.

Waktunya mungkin tidak selalu tepat untuk Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat bagi Anda, namun tidak ada kata terlambat untuk mulai mencari pekerjaan dengan menambah ilmu Anda. Pengetahuan yang Anda dapatkan dan hubungan pribadi yang Anda kembangkan akan membantu Anda di masa depan.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini