nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank BTN Yakin Penyaluran FLPP Lancar meski Target Naik Jadi 42.000 Unit Rumah

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 12:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 01 470 1838409 bank-btn-yakin-penyaluran-flpp-lancar-meski-target-naik-jadi-42-000-unit-rumah-mhLEKbajBE.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) terus berkomitmen untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan. Adapun bentuk komitmen tersebut dengan menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk hunian subsidi.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, pihaknya dipastikan akan kembali menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk mendukung program 1 Jura Rumah yang dicanangkan pemerintah. Hal tersebut cukup menggembirakan karena pada tahun lalu, Bank BTN hanya menyediakan skema pembiayaan Subsidi Selisih Bunga (SSB).

Baca Juga: Wah, BTN Siap Modali Pembangunan Apartemen di Lingkungan Kampus

"Kami tetap konsisten menjadikan pelaksana program 1 Juta Rumah, diĀ  mana kita akan berusaha melalui penyediaan pembiayaan. Tahun depan kita akan menyediakan fasilitas skema pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) FLPP dan Subsidi Selisih Bunga sedang mengajukan ke pemerintah," ujarnya kepada Okezone.

Baca Juga: Pacu Penyaluran KPR, BTN Bakal Sekuritisasi Aset hingga Rp2 Triliun

Sementara itu Direktur Konsumer Banking Bank BTN Budi Satria mengatakan, saat ini pihaknya telah mengajukan keinginannya untuk kembali menyalurkan FLPP kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dirinya berharap, pengajuan tersebut bisa diterima sehingga Bank BTN bisa kembali menyalurkan FLPP pada tahun 2018.

Apalagi, target penyaluran KPR untuk FLPP yang dicanangkan pemerintah mengalami kenaikan. Dari 40.000 unit rumah pada tahun 2017, naik menjadi 42.000 unit rumah pada tahun 2018 ini.

Baca Juga: Wih, Pameran Rumah di JCC Catat Transaksi Rp8,36 Triliun

"Saat ini kita masih memperoleh skema SSB, tapi kita berharap BTN juga dapat diikutkan dalam skema FLPP supaya BTN bisa maksimal dalam mendukung program pemerintah dan Kemenpupera berupa target 1 Juta Rumah KPR Subsidi. Intinya sekarang kita ikut SSB, tahun depan berharap selain SSB juga diikutkan dalam FPLP," jelasnya.

Lebih lanjut Budi menambahkan, target penyaluran KPR bersubsidi yang dicanangkan oleh Bank BTN pada tahun 2018 ini mencapaiĀ  225.000 unit. Dengan dana penyaluran mencapai Rp25 triliun.

"Target penyaluran KPR bersubsidi kita di 2018 adalah sebanyak 225.000 unit atau Rp25 triliun," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini