nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pacu Penyaluran KPR, BTN Bakal Sekuritisasi Aset hingga Rp2 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 11 September 2017 18:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 11 470 1773744 pacu-penyaluran-kpr-btn-bakal-sekuritisasi-aset-hingga-rp2-triliun-wtndyPpUUs.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berupaya terus mendorong penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) agar bisa lebih besar lagi. Berbagai upaya pun terus dilakukan, termasuk menggandeng pengembang properti.

Komisaris BTN Maurin Sitorus mengatakan salah satu upaya lagi untuk meningkatkan penyaluran KPR adalah dengan sekuritisasi aset. Pada tahun ini pihaknya menargetkan bisa sekuritisasi aset hingga Rp2 triliun.

Baca juga: Wih, Pameran Rumah di JCC Catat Transaksi Rp8,36 Triliun

"Sekuritisasi tahun ini antara Rp1 triliun-Rp2 triliun," ujarnya saat ditemui di Hotel Raflesia, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Menurut Maurin, peran sekuritisasi sangat penting dalam mendorong industri perumahan untuk memangkas angka backlog. Pasalnya angka backlog setiap tahun semakin bertambah.

Baca juga: Tak Tanggung-Tanggung, BTN Langsung MoU dengan 4 Lembaga Sekaligus

"Memang kan untuk melakukan sekuritisasi ini tidak mudah. KPR-KPR apa yang bisa di sekuritisasi adalah KPR yang high quality. Yang tidak akan macet. Sementara bagi bank itu adalah sumber penghasilan. Sehingga bank akan enggan karena itu jadi sumber penghasilan saya. Dan itu meningkatkan nilai aset saya, karena sekuritisasi itu kan jual putus," jelasnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini