nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Utang Kartu Kredit di Amerika Capai Rekor Tertinggi, Solusinya Transfer Saldo

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 20:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 10 320 1843001 utang-kartu-kredit-di-amerika-capai-rekor-tertinggi-solusinya-transfer-saldo-mCm71McIP7.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA – Federal Reserve mengumumkan utang kartu kredit yang beredar mencapai tingkat tertinggi pada bulan November 2017. Terlihat utang kartu kredit naik USD11,2 miliar menjadi USD1,023 triliun.

“Hal ini seharusnya menjadi panggilan untuk konsumen agar dapat mengendalikan utang kartu kredit mereka di tahun 2018,” ujar Matt Schulz, analis industri senior di CreditCards.com.

Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menggunakan kartu transfer saldo yang menurut Schulz bisa menjadi “berkat dari Tuhan”.

Melansir dari CNBC kartu transfer saldo jika dapat digunakan dengan benar membantu Anda melunasi saldo kartu kredit Anda dan dapat menghilangkan utang yang Anda punya. Tetapi, kebanyakan orang Amerika yang bisa mendapatkan keuntungan tersebut tidak dapat menggunakannya dengan baik, bahkan tidak mengerti bagaimana kinerjanya menurut survei dari CompareCards.com oleh Lending Tree.

Pada dasarnya cara kerjanya dengan memindahkan saldo kartu kredit Anda dari kartu dengan bunga tinggi ke kartu yang tidak mengenakan biaya dalam periode tertentu. Biasanya berlangsung dari 6 sampai 21 bulan, tergantung kebijakan kartu tersebut.

"Mereka dapat menyelamatkan Anda dari ratusan sampai ribuan orang," ujar wakil presiden komunikasi untuk National Foundation for Credit Counseling Bruce McClary.

Menurut laporan CNBC yang mengutip dari NerdWallet, rata-rata rumah tangga dengan utang kartu secara rutin membayar bunga USD904 per tahun. Dengan menggunakan transfer saldo, Anda dapat meloloskan pembayaran bunga tersebut.

“Tujuannya adalah melunasi keseimbangan pada tingkat bunga serendah mungkin tanpa menambahkan utang baru,” ujar McClary. Jadi sebaiknya pastikan dulu terhadap perhitungannya. Cari tahu seberapa banyak yang perlu Anda bayar setiap bulan untuk melunasi saldo Anda sebelum habis.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Consumer Intelligence, sekitar sepertiga orang dengan kartu transfer saldo gagal melakukan hal ini. Kesalahan itu bisa membuat situasi Anda semakin buruk. Setelah periode pengantar berakhir peningkatannya akan meroket sebesar 25%, menurut WiseBread.

Sebagai mantan penasihat kredit, McClary melihat ini secara langsung. "Orang memanfaatkan transfer saldo dan akhirnya melanjutkan kebiasaan belanja normal mereka," katanya. "Alih-alih menghilangkan utang mereka, mereka pada dasarnya menggandakannya."

Untuk memastikan Anda menggunakan kartu transfer saldo dengan benar, dia juga merekomendasikan untuk menghindari melakukan pembelian dengan kartu tersebut, karena suku bunga 0% biasanya tidak berlaku untuk pengeluaran.

Bila Anda memilih kartu tersebut, pertimbangkan biaya transfer saldo satu kali yang berkisar antara 3-5%. Jika Anda memiliki keseimbangan yang besar, Anda harus memastikan apa faktor yang membuat Anda harus berhemat.

Pada akhirnya juga, jika digunakan untuk melunasi utang, kartu transfer saldo bisa sangat efektif dan membantu. Dengan tingkat utang yang menjadi rekor tertinggi di bulan November ini, kartu ini sangat tepat untuk dicoba. Suku bunga dana federal juga naik seperempat poin bulan lalu. Seperti laporan CNBC, kenaikan tersebut akan menaikkan suku bunga untuk orang-orang yang membawa keseimbangan pada kartu mereka.

"Utang Anda hanya akan tumbuh lebih cepat dan lebih cepat kecuali jika Anda mengambil tindakan," kata Schulz.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini