nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER: 11 Trik agar Sukses Mencari Kerja

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 22:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 21 320 1848165 tips-karier-11-trik-agar-sukses-mencari-kerja-nwj1XXTVzv.jpg Ilustrasi Kerja. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bila Anda ingin mencari kerja di masa modern ini, Anda harus mengatur strategi pencarian kerja Anda. Salah satu alat utama yang yang masih sama adalah networking atau jaringan.

Namun, salah satu perkembangan baru yang penting untuk diketahui adalah jaringan Anda dapat dijaga melalui media sosial. Di masa kini, pencarian kerja bahkan dilakukan menggunakan media sosial untuk dapat tetap terhubung, terlihat, dan terlibat dengan jaringan Anda.

Ada 11 tips yang diberikan Mark Anthony Dyson, seorang konsultan karir, untuk membantu Anda menemukan pekerjaan baru seperti layaknya pencari kerja masa kini. Berikut 11 tips seperti yang dilansir dari Recruiter, Minggu (21/1/2018):


1. Cari Keterampilan Baru

Menjadi volunter, berwirusaha, dan bahkan aktif dalam pertunjukan adalah cara bagus untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan kerja baru. Jangan hanya menerima pernyataan "Anda tidak memiliki pengalaman" sebagai kata akhir. Pergilah mendapatkan pengalaman itu.


2. Tetap Terhubung dengan Jaringan

Pencari kerja masa kini melakukan pencarian kerja dengan berbagai cara: berjejaring, berkonsultasi, mengikuti pelatihan (baik sebagai trainee dan fasilitator), pelatihan untuk profesional, dan bahkan melalui media sosial. Ambillah setiap kesempatan yang Anda bisa lakukan untuk membangun citra Anda.


3. Buatlah Resume yang Meyakinkan dan Menarik

Gunakanlah berbagai pengalaman Anda untuk membuat cerita yang menunjukkan pencapaian Anda di dalam resume. Selanjutnya, berhenti memperlakukan pencarian kerja sebagai proses transaksional. Tetapi cobalah melihat pencarian pekerjaan Anda sebagai seuatu yang menarik.


4. Manfaatkan Smartphone

Smartphone adalah bantuan tak ternilai dalam pencarian pekerjaan. Anda bisa menggunakannya untuk memindai dokumen, mengirim email, mengirimkan surat permohonan Anda. Melalui smartphone, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengembangkan karier dengan mengakses kursus dan program online.


5. Pendidikan Tinggi Tak Selalu Diperlukan

Gelar pendidikan tinggi bukan lagi satu-satunya taruhan yang pasti untuk memajukan karir Anda. Lihatlah orang-orang sukses di industri atau jalur karir Anda. Apakah mereka memiliki gelar pendidikan tinggi?


6. Ikut Pelatihan karier

Beberapa pelatih karir lebih senang bekerja sama dengan klien yang berbentuk kelompok, ketimbang dengan satu klien saja. Maka bentuklah kelompok dan membagi biaya pelatih karir. Anda dan anggota kelompok Anda pada akhirnya akan mendapat nilai tambah satu sama lain dalam pencarian pekerjaan.


7. Tawarkan Bukti Sosial

Profil media sosial saja tidak cukup, anda juga memerlukan bukti nyata dari interaksi anda dengan orang lain di media sosial. Apakah Anda terlibat dalam percakapan yang besar di industri yang Anda geluti? Sudahkah Anda menerbitkan artikel penelitian? Apakah industri yang Anda geluti mengenali kontribusi Anda?

Lebih dari 90% perekrut memeriksa kandidat potensial di media sosial. Mereka akan tertarik jika mendapati Anda terlibat aktif dalam industri yang Anda geluti, salah satunya seperti ketika Anda dipuji oleh klien dan rekan kerja.

8. Kecil itu Indah

Perusahaan besar bukan satu-satunya pilihan. Perusahaan kecil atau startup saat ini semakin memungkinkan. Jika Anda belum pernah bekerja untuk perusahaan kecil, Anda mungkin bisa juga mempertimbangkan menjadi pekerja lepas sebelum menjadi karyawan di sana untuk lebih dulu menguji budaya kerja perusahaan tersebut.

9. Bersiaplah dengan hal yang berbeda atau perubahan

Permintaan industri akan keterampilan akan terus berubah menikuti perkembangan jaman, maka Anda harus lebih fleksibel. Menurut menurut Forum Ekonomi Dunia. pada 2021, lebih dari sepertiga keterampilan yang dianggap "penting" bagi pekerja pada hari ini akan berubah.

10. Googling Diri Anda

Perekrut biasanya akan melakukan pencarian nama Anda di Google, Anda juga harus melakukan hal yang sama. Setidaknya carilah nama Anda di Goolge seminggu sekali.

Perhatikan adakah hal yang menodai citra Anda di dalam hasil pencarian tersebut, serta perhatikan kemungkinan terjadi orang lain yang kebetulan berbagi nama memberikan citra buruk.

11. Arsipkan Kinerja Anda

Buatlah daftar lengkap prestasi profesional Anda, program pengembangan karir yang telah Anda selesaikan, hasil yang telah Anda raih, dan dampak positif dari kinerja Anda di tempat kerja.

Jagalah hal itu semua karena akan membantu membentuk pandangan Anda di masa depan, memulihkan kepercayaan diri selama masa-masa sulit, dan membangun resume Anda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini