nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Xiaomi Siap Bangun Pabrik di Batam Berkapasitas 1 Juta Ponsel per Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 21:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 23 320 1849301 xiaomi-siap-bangun-pabrik-di-batam-berkapasitas-1-juta-ponsel-per-tahun-bGiTloaQ0n.jpg Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah mengaku ada beberapa investor asing yang siap berinvestasi di Batam. Salah satunya adalah produsen handphone asal Tiongkok yakni Xiaomi yang siap melakukan ekspansi di Batam. 

Menurutnya, Xiaomi sudah menyampaikan ketertarikannya untuk berekspansi ketika dirinya bertemu langsung dengan perwakilan dari pihak Xiaomi beberapa waktu lalu.  Pada pertemuan tersebut perwakilan xiaomi mengaku siap menjajaki ekspansi untuk menambah kapasitas produksi perakitan handphone di Batam. 

 Baca Juga: Xiaomi Kaji IPO, Bakal Jadi yang Terbesar Tahun Ini

"Kebetulan saya berkunjung ke sana (Batam) dan perwakilan Xiaomi datang ke situ dan kita bilang, mereka punya rencana ekspansi menambah kapasitas," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (23/1/2018)

Menurut Lukita, alasan kenapa Xiaomi ingin melakukan ekspansi adalah karena puas dengan pabrik produksi handphone yang sudah di bangun di Batam. Karena semenjak itu, penjualan Xiaomi semakin meningkat. 

Baca Juga: Besarkan Xiaomi, Lei Jun Disebut Steve Jobs Made in China

"Mereka sudah lihat apa yang ada di sana berjalan dengan baik, kualitasnya bisa terjaga, tepat waktu dari sisi suplai, makanya ekspansi. Produksinya 1 juta per tahun atau per bulan ya, saya lupa," jelasnya. 

Untuk itu, guna memuluskan langkah ekspansi dari Xiaomi, Lukita menyampaikan siap membantu jika benar-benar Xiaomi serius untuk berekspansi. Dari mulai pencarian lahan, proses perizinan agar bisa cepat beroperasi. 

Dirinya juga menjamin jika Xiaomi berekspansi di Batam maka produknya akan semakin berkembang. Karena selain memiliki pasar dalam negeri (Indonesia) yang cukup banyak, Batam juga memiliki aksesibilitas ekspor yang memadai karena terdapat pelabuhan Internasional. 

Baca Juga: Tak Punya Pilihan, Xiaomi Harus Masuk Pasar Offline

"Saya bilang, kalau mereka datang ke situ, ekspansi, saya carikan lahannya dan saya bantu proses perizinannya bantu agar cepat selesai. Ini salah satu komitmen, kalau investor serius, kita cari lahan," jelasnya.

Selain Xiaomi lanjut Lukita, ada beberapa investor asing dan ternama lainnya yang siap masuk ke Batam. Yang paling ternama adalah produsen handphone Asus hingga Nokia. 

"Ada beberapa juga yang siap masuk kebanyakan handphone kaya Asus, atau Nokia," ucapnya. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini