Share

20 Tahun KSEI Berdiri, Pasar Modal Capai 1,1 Juta Investor

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 278 1849839 20-tahun-ksei-berdiri-pasar-modal-capai-1-1-juta-investor-DmeGAIyDvs.jpg KSEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Tbk (KSEI) genap berusia 20 tahun. Perayaan ini mengambil tempat di Menara Mandiri, di tempat itulah KSEI pertama kali mengawali langkahnya di pasar modal.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan, 20 tahun merupakan perjalanan yang luar biasa. Satu hal yang membekas di ingatan Kiki, sapaan akrabnya adalah nasabah Indonesia yang dulu hanya berkutat di angka 250.000. Capaian yang luar biasa adalah saat ini jumlah investor sudah mencapai 1 juta investor.

"Tapi Alhamdulillah sekarang data kemarin saya dapat sampaikan kita sudah lebih dari 1 juta totalnya 1,1 juta SID. Itu impian dari kita semua bahwa investor di Indonesia lebih dari 1 juta," ujarnya di Assembly Hall, Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (24/1/2018)

Kiki mengatakan bahwa hal tersebut tidak terlepas dari penerapan S-Invest di pasar modal Indonesia, di mana seluruh nasabah reksadana sudah diberikan SID. "Jadi sekarang boleh berbangga karena pasar modal Indonesia sudah tembus dari satu juta investor," kata dia.

Akan tetapi, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan KSEI karena sebaran investor 76% masih di Pulau Jawa yang merupakan representasi dari 96% lebih dari aset yang dimiliki pasar modal Indonesia. Namun, untuk demografi ada sesuatu yang cukup menggembirakan karena investor di pasar modal umurnya makin lama makin muda atau generasi milenial.

Kiki mengatakan, millenial yang terdaftar di pasar modal sebagian besar adalah pria dengan pendidikan S1 dan berprofesi sebagai karyawan swasta. Oleh karena itu, menurutnya, saat ini skema marketing disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda. Selain itu, KSEI kuga terus meningkatkan infrastruktur pembukaan rekening investasi yang semakin cepat.

“Sebelumnya banyak orang mengeluh pembukaan rekening bisa sampai berhari-hari. Kemarin sudah didemokan, dan waktu bisa dipangkas hingga 10 menit saja,” katanya.

Turut hadir dalam Acara ulang tahun KSE ini Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen, Direktur BEI Tito Sulistio. Serta dimeriahkan oleh penampilan Stand Up Comedy Cak Lontong dan penyanyi Once Mekel.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini