nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Jadi Holding, Pertagas Bakal Gabung ke PGN

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 19:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 25 320 1850308 setelah-jadi-holding-pertagas-bakal-gabung-ke-pgn-1hwIVipZ2I.jpg Ilustrasi Gas. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pengalihan saham negara di Perusahaan Gas Negara (PGN) ke Pertamina membuat rencana pembentukan Holding BUMN Migas sebentar lagi terealisasi. Pertamina akan menjadi induk usaha, sedangkan PGN menjadi anak perusahaan Pertamina.

Selain itu, akan dibentuk sub holding antara anak usaha Pertamina yang memiliki kegiatan usaha sejenis dengan PGN yaitu PT Pertagas. Pertagas pun akan diialihkan kepemilikannya ke PGN.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda mengatakan, belanja moda (capex) PGN usai dibentuknya Holding BUMN Migas tentu menjadi luar biasa peningkatannya. Secara jumlah masih dihirung, yang jelas antara PGN dan Pertagas yang memiliki satu jenis usaha yang jelas akan menjadi satu dan menjalankan semua fungsi yakni memeratakan jaringan gas di seluruh Indonesia.

"Sampai hari ini kan pipa kita hanya ada di Jawa dan Sumatera. Dengan sinergi bukan hanya wilayah barat Indonesia, tapi pengembangan di wilayah tengah dan timur juga dilkaukan," tuturnya, di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Baca Juga: Menakar Saham PGN ketika Holding BUMN Migas Rampung

Jobi melanjutkan, Holding BUMN Migas juga mendukung Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ke depan, power plan tersebut akan didekatkan dengan sumber gas supaya terjadi pemerataan tidak hanya di wilayah Jawa dan Sumatera. "PLTG di timur Indonesia itu banyak, kita akan dekatkan dengan industrinya. Jadi ada pemerataan," ujarnya.

Saat ini, kata Jobi, PGN memiliki faislitas jaringan gas sebanyak 7.500, sedangkan Pertagas 3.000. Total ada lebih 10.000. "Dengan kekuatan holding, maka ekspansi ke depan lebih mudah, termasuk kerjasama Duri-Dumai simpel, pengembangan LNG di Indoneisa Timur simple," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini