nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakar Saham PGN ketika Holding BUMN Migas Rampung

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 11:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 278 1848357 menakar-saham-pgn-ketika-holding-bumn-migas-rampung-pWEXpvxOzz.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) menjadi pilihan analis OCBC Sekuritas Liga Maradona.

Wacana pembentukan holding migas akan memberikan sentimen yang sangat positif bagi PGAS ke depannya.

Faktor utamanya dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memastikan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan segera mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bisnis gas, yakni PT Pertamina Gas.

Hal ini merupakan rangkaian dari rencana pemerintah membentuk perusahaan induk (holding) BUMN di sektor minyak dan gas (migas).

Sebelumnya Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menjelaskan, skema akuisisi ini adalah Perusahaan Gas Negara (PGN) akan membeli Pertagas.

Dengan begitu, semua bisnis gas akan dipegang PGN. Adapun PGN akan menjadi anak usaha Pertamina.

“Pertamina adalah holding migas. Pertamina punya bisnis-bisnis yang mengurus hulu, ada yang urus hilir, dan ada yang urus gas,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sebelum rencana akuisisi Pertagas oleh PGN, kementerian telah melakukan kajian mendalam. Saat ini prosesnya masih harus menunggu keputusan Menteri Keuangan. Namun, Edwin belum bisa memastikan kapan jadwal akuisisi ini dilakukan. (Hafid Fuad)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini