Daftar Proyek Bandara dan Pelabuhan yang Akan Dijual ke Swasta

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 320 1853329 daftar-proyek-bandara-dan-pelabuhan-yang-akan-dijual-ke-swasta-Y6Yb6LcBib.jpg Ilustrasi (Foto: ant)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Bandara Silangit, Soekarno-Hatta (Soetta), Bangka Belitung dan Labuan Bajo, diserahkan ke swasta.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, apa yang dimaksudkan Pak Luhut adalah investasi terbuka untuk negara atau bisa dikerjasama dengan swasta.

 Baca juga: DKI Kebut Proyek Flyover dan Underpass

"Seperti contoh tadi pagi saya kedatangan INSA. Mereka akan bikin konsorsium, untuk kerjasama dengan Pelindo I, II, III, IV, untuk kelola pelabuhan-pelabuhan. Dengan skema investasi Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," ujarnya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Dia melanjutkan, untuk Bandara Silangit nantinya juga bisa saja antara PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan kerjasama dengan swasta. Dari informasinya pihak China, Korea dan India berencana masuk untuk investasi pada sektor industri di Bandara Silangit.

 Baca juga: Cara OJK Geber Pasar Modal Biayai Infrastruktur Jokowi

"Jadi bandara bisa lebih besar. Supaya turis dari luar gak usah ke Medan tapi langsung ke silangit," ujarnya.

Begitu juga untuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bisa juga dilakukan kerjasama dengan swasta. Hanya saja, lebih detail policy dan informasi ada di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga: Kemiskinan dan Ketimpangan Jadi Tantangan dalam Pembangunan Infrastruktur

"Tapi prioritas untuk bandara adalah di Kualanamu dan Mandalika. Untuk pelabuhan ada Kualatanjung, Makassar, Bitung, dan Jakarta (Priok)," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini