nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buat Generasi Millenial yang Mau Berbisnis, Inilah 6 Jenis Bisnis yang Cocok

Agregasi Senin 12 Februari 2018 05:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 10 320 1857588 buat-generasi-millenial-yang-mau-berbisnis-inilah-6-jenis-bisnis-yang-cocok-ZcHQTsIzkB.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Laju pertumbuhan bisnis terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Jika dulu dunia bisnis hanya digeluti orang tua, yang terjadi kini ialah sebaliknya. Dunia bisnis perlahan-lahan mulai dikuasai kaum muda.

Salah satu motor di balik pesatnya perkembangan dunia bisnis ialah teknologi. Teknologi mendorong munculnya ide-ide bisnis baru yang kebanyakan memang berasal dari ide anak millenial. Berikut jenis-jenis bisnis yang sangat cocok untuk kaum millenial.

1. Bisnis Startup

Bisnis startup merupakan hasil buah ide generasi millenial. Hadirnya bisnis ini turut serta mengubah aktivitas sehari-hari manusia, misalnya saat berbelanja. Jika dulu jual beli barang dilakukan di pasar, kini kita sudah bisa melakukannya lewat media sosial. Barangnya pun dapat sampai ke alamat yang dituju tepat pada waktunya.

Bisnis startup memiliki kategori bisnis yang berbeda-beda. Ada yang bergerak di dunia produksi, pemasaran, ataupun sosial. Secara kasat mata, bisnis ini tidak terlalu profitable. Namun, jika ditekuni dengan ulet, bisnis startup bisa jadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di kemudian hari.

2. Bisnis Afiliasi

Orang-orang yang bekerja di dunia internet, seperti blogger, vlogger, ataupun YouTuber, biasanya memanfaatkan afiliasi untuk mendapatkan uang. Afiliasi ini sendiri merupakan bentuk kerja sama antara pemilik bisnis online dan blogger untuk membantu memasarkan barang yang dijual online shop tersebut.

Afiliasi berbentuk link yang biasanya disematkan pada tulisan tertentu. Cara kerjanya sangat mudah. Jika pengunjung mengklik link afiliasi yang Anda buat di blog dan membeli barang yang ditampilkan di sana, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 3-5% dari total pembelian si pengunjung. Artinya, semakin banyak yang berkunjung dan membeli produk dari link yang Anda berikan, jumlah bayaran yang diterima pun akan bertambah.

3. Kafe

Tren munculnya kafe-kafe baru mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kafe yang dulunya digunakan sebagai tempat makan, kini beralih fungsi menjadi tempat tongkrongan hit anak muda. Nongkrong di kafe pun sudah jadi rutinitas kaum millenial saat pulang kerja, pulang kuliah, ataupun saat weekend.

Namun, persaingan kafe-kafe di Indonesia sangatlah ketat. Pemilik kafe harus mampu mengamati kebutuhan utama kaum millenial sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun kafe. Jika Anda mampu memadukan cita rasa makanan, konsep, dan fasilitas, dijamin kafe milik Anda akan membuahkan hasil yang maksimal.

4. Bisnis Fotografi

Dunia fotografi yang dulunya dijadikan sebagai penyalur hobi, kini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Anda yang lihai di bidang ini dapat memulainya secara perlahan dengan modal yang minim. Bahkan, hanya dengan kamera bagus dan skill saja, Anda dapat menggeluti bisnis menguntungkan ini.

Pangsa pasar bisnis fotografi juga sangat besar mengingat jasa fotografer dibutuhkan hampir disetiap kesempatan. Apalagi saat ini makin banyak orang yang ingin mengabadikan setiap momen dengan gambar yang menakjubkan.

5. Bisnis Online

Bisnis online menjadi bisnis yang paling laris manis di kalangan kaum millenial. Jumlah pemilik bisnis online juga semakin bertambah dari tahun ke tahun. Di Indonesia, ada ribuan bahkan puluhan ribu orang yang menggeluti bisnis online karena dinilai profitable, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Namun, banyaknya jumlah pebisnis online membuat tingkat persaingan bisnis semakin ketat. Menawarkan barang bagus saja tidaklah cukup kalau tidak disertai pelayanan yang memuaskan. Anda yang ingin menggeluti bisnis online harus mampu mengamati kebutuhan pasar lebih dulu sebelum akhirnya resmi terjun ke dunia bisnis.

6. Resto

Membuka warung makan juga menjadi bisnis yang patut dilirik kaum millenial mengingat kebutuhan utama manusia ialah makanan. Agar bisnis warung makan rame, Anda harus mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda. Bisa berupa makanan, konsep, pelayanan, maupun fasilitas. Keunikan yang dimiliki warung makan menjadi nilai jual tersendiri bagi para konsumen.

Manfaatkan Teknologi Sebaik Mungkin

Bisnis tanpa hadirnya teknologi sama halnya seperti sayur tanpa garam. Agar bisnis berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan yang maksimal, Anda harus memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Entah itu untuk menciptakan inovasi, memperbaiki produksi, manajemen, hingga pemasaran dari bisnis.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini