nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kjeld Kirk Berhasil Bawa LEGO Lawan Era Digital

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Minggu 25 Februari 2018 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 25 320 1864525 kjeld-kirk-berhasil-bawa-lego-lawan-era-digital-MgikbEpcvA.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Jika Anda memiliki anak. Anda pasti tidak asing dengan LEGO. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menggemari LEGO untuk dijadikan koleksi.

Tidak heran jika akhirnya Kjeld Kirk Kristiansen menjadi orang terkaya di Denmark. Sebagai CEO dan Presiden LEGO, perusahaan mainan tersebut menjadi perusahaan mainan paling sukses yang berbasis di Denmark.

Saat ini, pada usia 67, Kjeld memiliki kekayaan bersih sebesar USD9,5 miliar. Meskipun LEGO menjadi perusahaan keluarga, namun dalam perjalanannya tidak terlepas dari pasang surut yang luar biasa, sukses dan gagal, percobaan, penemuan dan eksperimen.

Perusahaan Kirk, LEGO, mungkin adalah nama paling terkenal di industri mainan saat ini, tapi jarang yang tahu bahwa itu dimulai sebagai produsen produk kayu. Anehnya, mainan pertama LEGO dibuat sepenuhnya dari kayu, tidak seperti sekarang yang terbuat dari material plastik.

Kisah LEGO berawal pada 1932, kala itu Ole Kirk Christiansen, kakek Kjeld, mendirikan LEGO sebagai perusahaan untuk memproduksi barang-barang kayu sehari-hari, seperti tangga, papan setrika. Namun, krisis ekonomi global mengalami penurunan yang signifikan dalam permintaan barang-barang semacam itu, dan dia harus Temukan cara lain agar bisnisnya berkembang.

Dia pun mencoba masuk ke pembuatan mainan kayu, yang masih diminati. Selama tahap awal, hanya 7 pekerja yang dipekerjakan di LEGO, yang kesemuanya adalah tukang kayu antusias yang suka membuat barang baru setiap saat.

Kemudian pada tahun 1940-an, satu-satunya pabrik dan gudang untuk LEGO dibakar, dan mereka mengembalikannya dengan satu-satunya tujuan untuk terlibat dalam produksi mainan mulai sekarang. Perusahaan pun mulai mengganti plastik untuk membuat blok bangunan pada tahun 1947, dan membeli mesin berat dan mahal untuk berjalan dengan produksi massal.

Pada tahun 1960, divisi mereka untuk pembuatan mainan kayu disambar petir, dan terbakar lagi. Dia pun memutuskan untuk tidak mengembalikannya, dan berkonsentrasi membuat mainan plastik.

Di bawah kepemimpinan Kjeld, LEGO memproduksi berbagai macam mainan, termasuk Space LEGOLAND yang terkenal yang muncul pada tahun 1979. Dari sini, dia menginstruksikan perancangnya untuk membuat rangkaian dengan tema yang berbeda.

Sayangnya, popularitas permainan komputer, permintaan untuk perangkat konstruksi turun secara signifikan dan Kjeld terpaksa meninjau kembali strategi perusahaannya. Dia lantas meluncurkan perangkat lunak desain digital, dan permainan interaktif di industri ini, termasuk Star Wars untuk Wii, dan Mars Mission for PC.

Dia juga meluncurkan Lego Universe pada tahun 2010. Setelah itu, perusahaannya mengalami perubahan dramatis, dan dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kemudian, dia memperkenalkan banyak minifigures, tema, Lego Mindstorms, Lego.com dan aset berlisensi untuk perusahaan tersebut.

Setelah menemukan perusahaan bernilai miliaran dolar dengan inovasi dalam mainan, Kirk memilih hidup tenang bersama istrinya di Denmark dan memiliki 3 anak dan cucu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini