Bekerja Sambil Kuliah? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok

Agregasi Minggu 04 Maret 2018 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 320 1867154 bekerja-sambil-kuliah-ini-6-pekerjaan-yang-cocok-YOl7zcIFcE.jpg

JAKARTA - Bekerja sambil kuliah? Mengapa tidak. Meskipun Anda sedang menjalani pendidikan di bangku kuliah, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk bekerja. Tak hanya mendapatkan uang, tentu saja hal ini juga membantu Anda mengasah skill dan kemampuan yang nantinya bermanfaat ke depannya.

Siapa tahu Anda malah bisa melanjutkan pekerjaan ini setelah lulus kuliah nanti. Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok dikerjakan sambil kuliah, tapi tidak sampai menganggu kegiatan perkuliahan Anda? Inilah 6 pekerjaan yang tepat untuk dikerjakan sambil kuliah.

1. Freelance Writer

Saat ini media digital semakin maju dan berkembang pesat. Banyak media baru yang dapat Anda akses secara online untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru. Dengan semakin menjamurnya media-media online baru seperti ini, tentunya membuat besarnya kesempatan untuk menjadi writer.

Pekerjaan ini pun sangat mudah dilakukan. Bahkan, Anda hanya membutuhkan laptop dan akses internet sebagai modal untuk bekerja. Jika Anda memiliki hobi menulis, hal ini bisa dilakukan sebagai ajang untuk menyalurkan hobi.

Anda bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai lowongan freelance writer di internet. Saat ini ada banyak website, blog, dan pihak lainnya yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis aritkel-artikel. Pekerjaan seperti ini bisa Anda sesuaikan dengan waktu kuliah. Dengan begitu, tidak akan menganggu jadwal kuliah dan tetap menghasilkan uang untuk anda.

2. Pemandu Wisata

Jika sedang berkuliah di kota yang dekat dengan tempat-tempat wisata, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk melamar sebagai pemandu wisata. Apalagi jika memang hobi travelling, mungkin pekerjaan ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa melamar sebagai freelance tour guide di agen travel ataupun di tempat-tempat wisata yang membutuhkan seorang pemandu wisata.

Anda bisa mengambil jam kerja di akhir pekan. Dengan begitu, tidak akan menganggu kuliah dan belajar Anda nantinya. Pekerjaan part time sebagai tour guide ini akan sangat menjanjikan untuk dikerjakan mahasiswa, terutama saat masa liburan tiba. Lumayan untuk Anda jadikan sebagai tambahan uang saku atau untuk ditabungkan.

3. Penerjemah atau Translator

Pekerjaan ini tidak hanya bisa dilakukan mereka yang sedang berkuliah di jurusan bahasa. Namun, juga bisa dilakukan bagi Anda yang berkuliah di luar jurusan bahasa jika memang memiliki kemampuan sastra asing yang mumpuni.

Anda bisa mencari lowongan sebagai translator di internet. Tidak hanya dapat dijadikan pekerjaan sampingan, tapi juga membantu menyempurnakan skill menerjemahkan yang anda miliki.

4. Reporter atau Jurnalistik

Jika anda sedang menempuh pendidikan di jurusan jurnalistik atau memiliki minat yang tinggi di bidang jurnalisitik. Anda bisa mencoba pekerjaan sebagai freelance contributor atau reporter. Saat ini banyak media cetak ataupun elektronik yang ada di Indonesia yang membuka lowongan pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa yang ingin menjadi reporter ataupun kontributor di daerah-daerah tertentu.

Tugas dari reporter hanya memberikan laporan atau membuat berita tentang kondisi di mana daerah yang Anda tinggali. Jika bertempat di daerah yang kecil, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk mencoba karier di media nasional. Anggap saja ini dapat menjadi salah satu pengalaman kerja yang Anda miliki.

5. Desain Grafis

Pekerjaan lainnya yang cocok dikerjakan bagi anda yang masih mahasiswa adalah desain grafis. Sama halnya dengan freelance writer, pekerjaan seperti ini memang sangat dibutuhkan di zaman yang serba digital seperti saat ini. Anda bisa memulai bergabung di startup, media online, maupun industri kreatif lainnya.

Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan hobi yang anda miliki. Selain itu, pengalaman kerja yang Anda dapatkan bisa memperkaya isi CV anda dan bermanfaat untuk masa depannya.

6. Proofreading

Ada beberapa penerbit dan media yang terkenal mau membuka lowongan pekerjaan part time untuk mahasiswa sebagai proofreader. Untuk bekerja sebagai proofreader, dibutuhkan ketelitian, kejelian, dan skill editing yang baik. Tugas dari proofreader sendiri adalah untuk mengecek dan mengoreksi naskah, mulai dari EYD, kesalahan dalam penulisan, keseragaman bahasa, dan lainnya.

Hal ini sangat cocok dikerjakan mahasiswa dan tidak akan memengaruhi jadwal kuliah Anda. Bahkan, biasanya Anda diperbolehkan untuk bekerja di rumah atau tempat kos sehingga lebih santai mengerjakannya.

Jadikan sebagai Ajang Mengasah Skill

Bekerja sambil kuliah tidak hanya membuat Anda menghasilkan uang, tapi dapat dijadikan sebagai sarana mengasah skill atau kemampuan yang dimiliki. Nantinya hal ini akan sangat bermanfaat saat Anda mencari pekerjaan setelah menamatkan kuliah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini