Pakai Tips Ini agar Aman Belanja Online

Agregasi Senin 05 Maret 2018 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 04 320 1867808 pakai-tips-ini-agar-aman-belanja-online-QnUyqpoUHB.jpg

JAKARTA - Saat ini berbelanja tak perlu langsung datang ke tempat-tempat perbelanjaan. Cukup melakukannya dari rumah melalui secara online. Saat ini banyak sekali situs belanja online yang ada. Mulai dari situs belanja lokal hingga luar negeri yang menawarkan berbagai barang barang yang dibutuhkan.

Berbelanja online tidak hanya mudah dilakukan, tapi membeli barang secara online juga dapat membuat Anda mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko-toko konvensional lainnya.

Namun, tetap saja membeli barang secara online juga perlu diperhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar aman berbelanja online.

1. Bagaimana Tingkat Kepercayaan Pelanggan pada Toko Online?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu tingkat kepercayaan pelanggan pada toko online. Saat ini banyak toko-toko online yang terpercaya dan memudahkan Anda dalam bertranskaksi. Sistem pembayarannya pun juga menghindarkan diri dari risiko mengalami penipuan dalam berbelanja.

Namun, jika membeli melalui toko-toko online, Anda harus memastikan lebih lanjut terkait alamat serta nomor kontak pada toko online tersebut. Jangan lupa untuk mencari testimoni ataupun ulasan dari konsumen yang sudah pernah membeli produk-produk dari toko online tersebut sebelumnya.

2. Cek Produk Baik-Baik Produk yang Dijual

Jangan lupa untuk memerhatikan produk yang Anda beli. Membeli barang secara online membuat Anda tidak dapat melihat barang tersebut secara langsung. Jika hanya melihat dari gambar saja, banyak toko online yang tidak memberikan gambar asli dari produk tersebut. Karena itu, mau tidak mau harus mengecek spesifikasi barang tersebut dengan teliti.

3. Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Murah

Belanja online memang akan membuat Anda mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah. Namun, jangan terburu-buru membeli barang dengan harga yang terlampau murah, apalagi jika jauh dari harga pasaran.

Apalagi barang-barang yang dijual bermerk dengan potongan harga yang lebih besar dan tidak masuk akal. Bisa jadi iming-iming harga murah ini hanya menjadi jebakan agar dapat mengelabui konsumen yang ada. Karena itu, perhatikan kembali saat akan membeli barang-barang secara online.

4. Gunakan Kartu Kredit atau Debit

Bertransaksi via online memang paling aman dan nyaman ketika menggunakan kartu, baik itu debit maupun kredit. Meskipun begitu, akan lebih aman lagi jika menggunakan kartu kredit jika dibandingkan dengan kartu debit. Mengapa? Hal ini karena dengan kartu kredit Anda bisa membatalkan transaksi jika barang yang dibeli tidak kunjung sampai ataupun tidak sesuai dengan pesanan.

Selain itu, kartu kredit adalah ekstensi dari kredit. Sementara jika menggunakan kartu debit, itu berarti mengambil uang langsung dari rekening bank Anda. Tentu saja hal ini sangat berisiko karena jika informasi tersebut bocor, membuat hacker dapat mengacaukan keuangan dengan mudah.

5. Jaga Password dengan Baik

Banyak situs online yang mewajibkan penggunanya untuk log in sebelum akan melakukan transaksi dengan memasukkan username dan password dari akun. Untuk itu, akan lebih baik jika membuat password akun yang cukup sulit dan hanya Anda saja yang mengetahuinya. Jangan menunjukkan kepada orang lain untuk mengantisipasi risiko-risiko yang tidak diinginkan terjadi.

6. Hati-Hati dalam Memberikan Informasi

Saat melakukan pembelian online biasanya akan diminta untuk mengisi beberapa data. Mulai dari nama hingga alamat untuk tujuan pengiriman. Namun, sering kali toko-toko online akan berusaha untuk mendapatkan informasi lebih yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Karena itu, hati-hati dalam memberikan informasi.

7. Simpan Bukti Transaksi

Jangan lupa untuk menyimpan segala bukti transaksi yang Anda lakukan. Mulai dari deskripsi produk, harga barang, kuintansi digital, salinan email antara penjual dan Anda, hingga hal-hal lain yang terkait dengan bukti transaksi yang dilakukan.

Teliti Dahulu Sebelum Membeli

Karena belanja online bukan berbelanja yang dilakukan secara langsung, penting untuk meneliti lebih lanjut sebelum membeli. Pastikan jika sudah melihat dengan detail deskripsi produk, harga barang, hingga testimoni dari konsumen-konsumen sebelumnya sehingga terhindar dari risiko penipuan yang bisa terjadi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini