nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Komunikasi dengan Dunia Usaha

ant, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 20 1872198 sri-mulyani-tekankan-pentingnya-komunikasi-dengan-dunia-usaha-AtiExmFgjO.jpg Foto: Sri Mulyani (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pentingnya untuk terus berkomunikasi dengan dunia usaha bagi pemerintah untuk dapat memantau perkembangan ekonomi secara lebih riil dan aktual.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para Wajib Pajak Besar yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

"Ini bagian dari cara kita untuk terus berkomunikasi dengan dunia usaha. Kami terus akan berkomunikasi dengan dunia usaha. Pertama agar bisa terus memonitor perkembangan kegiatan ekonomi di masyarakat dari sisi investasi, ekspor dan juga denyut dari sisi konsumsi. Kedua, pantauan dari indikator pajak, ekspor, impor, itu memberikan berbagai macam masukan agar kita terus selalu me-reform dan memperbaiki policy kita," ujar Sri Mulyani.

 Baca Juga: Sri Mulyani Berikan Penghargaan Wajib Pajak yang Berkontribusi Besar

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, tahun ini target penerimaan pajak cukup tinggi. Dia berharap momentum pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik, dapat dimanfaatkan secara optimal baik oleh pemerintah dan juga dunia usaha.

"Kita lihat kan PPN naiknya lebih dari 18%, itu memberikan optimisme bahwa dunia usaha denyutnya mulai muncul. Tapi ini juga harus dijaga hati-hati," kata Sri Mulyani.

Acara apresiasi dan penghargaan terhadap Wajib Pajak Besar sendiri disebut sangat penting mengingat para wajib pajak yang terdaftar di KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar adalah wajib pajak yang berskala besar sehingga permasalahan yang dihadapi juga seringkali sangat kompleks.

 Baca Juga: Realisasi Penerimaan Pajak Rp153,4 Triliun, Sri Mulyani: Ini Rekor Baru

Dengan penghargaan tersebut diharapkan para wajib pajak dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya serta berkontribusi dengan lebih baik di 2018 ini dan menjadi penyemangat bagi para wajib pajak lain untuk bisa mendapatkan penghargaan yang sama nanti di 2019.

Tahun 2018 ini, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar juga berencana untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak ketiga terutama untuk pertukaran data. Integrasi data perpajakan yang sudah dimulai dengan wajib pajak BUMN juga akan menjadi agenda prioritas untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak.

Selain itu, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar juga akan tetap mengadakan pertemuan secara rutin dengan para wajib pajak yang diadakan secara sektoral, untuk berdiskusi mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di Iapangan dan membantu para wajib pajak untuk melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini