nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syarat Umum yang Harus Dikenali Sebelum Apply Kartu Kredit

Agregasi Selasa 13 Maret 2018 11:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 320 1871944 syarat-umum-yang-harus-dikenali-sebelum-apply-kartu-kredit-Ltiz4z6C2A.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA - Mau apply kartu kredit online? Anda bisa memilih situs bank secara langsung atau memanfaatkan situs fitur perbandingan dan pengajuan. Namun sebelum apply kartu kredit online, sebaiknya kenali dulu kebutuhan Anda. Apakah untuk bertransaksi perjalanan (travel), dining, atau hanya belanja bulanan?

Jika Anda memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dengan tepat, Anda tentu saja bisa menghemat. Dengan diskon saat belanja, Anda bisa menghemat hingga Rp15 juta selama setahun. Sebaliknya, jika salah memilih, Anda bisa mengalami kerugian sebesar itu.

Jadi untuk apply kartu kredit online Anda harus mengenali fitur utama kartu kredit tersebut. Sesuaikan kebutuhan dengan fitur kartu kredit. Jika kebutuhan Anda ialah belanja bulanan, sebaiknya memilih kartu kredit co branding dengan supermarket atau hypermarket. Atau, jika gemar melakukan perjalanan (travel), Anda perlu memilih kartu kredit travel yang memiliki fasilitas airmiles, yaitu poin untuk ditukar menjadi tiket atau biaya hotel gratis.

Syarat Umum

Sebelum mengajukan kartu kredit, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui syarat membuat kartu kredit dan melengkapi berkasnya. Berikut syarat umum yang harus Anda lengkapi, seperti dikutip situs HaloMoney.co.id dari berbagai situs bank:

Identitas asli

Syarat membuat kartu kredit pertama adalah identitas asli. Menggunakan informasi dan identitas orang lain dalam mengajukan kartu kredit adalah tindak kejahatan. Hal ini dapat mengakibatkan Anda berurusan dengan aparat penegak hukum. Untuk membuktikan identitas, Anda bisa menggunakan KTP/ SIM/ Paspor.

Jika KTP elektronik Anda belum jadi, cukup memakai surat keterangan dari kelurahan berkop surat dinas kependudukan setempat yang menerangkan KTP elektronik Anda belum tersedia.

Fotokopi KTP

Jangan lupa untuk memfotokopi KTP sebelum mengajukan kartu kredit di Bank. Ini merupakan syarat membuat kartu kredit yang perlu Anda lengkapi.

Syarat usia

Berapa sih syarat usia mengajukan kartu kredit? Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp 3.000.000 per bulan. Syarat usia tersebut untuk pemohon kartu kredit utama. Untuk kartu kredit tambahan, usia minimal 17 tahun. Dan usia maksimal kartu kredit utama maupun tambahan 65 tahun.

Fotokopi penghasilan

Nah, buat Anda yang sudah bekerja fotokopi bukti penghasilan atau slip gaji juga penting. Ini karena akan menjadi salah satu berkas syarat membuat kartu kredit.

Fotokopi NPWP

Selain fotokopi penghasilan Anda juga harus menyertakan fotokopi NPWP untuk menunjukkan Anda sebagai warga yang telah tercatat di sistem perpajakan nasional .

Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir

Banyak Bank yang mensyaratkan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, jadi pastikan Anda sudah memfotokopi sebelum mengajukan ya. Namun ada juga bank tidak mensyaratkan dokumen ini.

Tagihan kartu kredit

Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, Anda harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir. Ingat ya maksimal kartu kredit yang bisa dimiliki maksimal dua kartu kredit dari dua bank berbeda.

Cara Apply Kartu Kredit Online

Apply kartu kredit online bisa Anda lakukan di situs bank langsung, maupun di situs pihak ketiga seperti HaloMoney.co.id. Buka situs bank penerbit kartu kredit atau situs pihak ketiga yang Anda percayai.

Ada kelebihan dan kekurangan apply kartu kredit online di situs bank yang perlu Anda ketahui. Kelebihannya Anda bisa langsung apply ke bank penerbit sehingga aplikasimu langsung ditangani bank. Kekurangannya, Anda tidak bisa membandingkan kartu kredit yang Anda ajukan dari berbagai sisi dengan bank lain.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini