nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rapat dengan Menko Luhut, Bupati Tabanan Kampanyekan Melawan Sampah di Bali

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 14:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 320 1872044 rapat-dengan-menko-luhut-bupati-tabanan-kampanyekan-melawan-sampah-di-bali-X5eJoB7i5D.jpg Foto: Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (Humas)

JAKARTA - Pemerintah terus fokus untuk menyelesaikan masalah sampah di Indonesia dan kali ini yang utama adalah di Pulau Dewata, Bali. Pasalnya baru-baru ini viral video sampah di laut Bali di media sosial.

Rapat penanganan sampah kali ini dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar serta pimpinan daerah Bali salah satunya Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Eka mengatakan, penanganan sampah sebetulnya terus dilakukan terutama daerah Bali yang menjadi primadona wisatawan asing saat berlibur ke Indonesia.

"Tentang penangangan sampah. Kan Bali ini menjadi daerah tujuan wisata terbaik ya jadi untuk sampah ini kita sangat concern bagaimana dari pihak pemerintah, masyarakat, terus pemerintah pusat menginginkan jangan sampai Bali ini jadi tidak terjaga terhadap bahaya sampah," ungkapnya di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

 Baca Juga: Tanggapi Isu Sampah di Bali, Ini Kata Menteri Pariwisata

Menurutnya, bahaya sampah ini sangat banyak dampaknya bagi wisata Bali, sehingga apa yang terjadi baru-baru ini tidak bisa didiamkan, dan harus ditangani.

"Ini harus ada perang melawan sampah ini, apalagi tujuan wisata kita ini kan rentan sekali dengan sampah dan termasuk bagaimana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah ada, itu sudah menumpuk sekali dan harus ditangani dengan cepat dan action kerja yang jelas," jelasnya.

 

Eka juga menjelaskan, nantinya pemerintah pusat dan World Bank akan memfasilitasi penanganan sampah yang ada di Bali. Pasalnya, Bali juga akan menjadi kota tempat diselenggarakannya Pertemuan Tahunan IMF-World Bank.

"Pak Menko dan World Bank memfasilitasi kami bagaimana untuk membangun wave energy termasuk biodiesel itu menjadi tenaga energi lainnya. Nah ini yang perlu disepakati bersama. Jadi akan dibahas lebih lanjut lagi," kata dia.

 Baca Juga: Viral Video Sampah di Bali, Menko Luhut Rapatkan Barisan

Sementara, bentuk fasilitasnya dalah akan diberikan berbarengan dengan diselenggarakannya Gerakan Nasional Melawan Sampah yang akan dimulai dari laut.

"Tadi Menteri LHK juga menyampaikan itu karena banyak sekali sampah daratan ini yang 80% dihasilkan, lari ke laut. Nah tentu dari laut ini kita akan menggalang gerakan bersama serentak seluruh Indonesia untuk melawan sampah," tukasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini