10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Menawan, Nomor 4 Banyak Sejarahnya

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 11:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 470 1899346 10-masjid-di-indonesia-dengan-arsitektur-menawan-nomor-4-banyak-sejarahnya-l2jdV9l3FX.jpg Ilustrasi: Foto Koran Sindo

JAKARTA - Banyak masjid di Indonesia yang dibangun dengan arsitektur dan desain menarik. Bahkan sebagian di antaranya merefleksikan beberapa kebudayaan dari negara lain seperti China, Arab dan India.

Berikut daftar bangunan masjid di Indonesia dengan arsitektur menawan versi survei litbang.

1 Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya yang terletak di pusat kota ini memiliki luas kurang lebih 9,5 hektare dan mampu menampung 200 ribu jamaah. Berdiri megah, pembangunan masjid Istiqlal digagas oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1951. Masjid ini memiliki kubah utama berdiameter 45 meter dengan 12 pilar besar dan 5.138 tiang pancang, menara setinggi 90 meter yang dibuat dari marmer setinggi 66,66 meter dan menara baja antikarat 30 meter.

 

2. Masjid Dian Al Mahri Depok

Masyarakat mengenal masjid ini dengan sebutan masjid Kubah Emas. Dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha asal Banten, masjid ini rampung di tahun 2006. Masjid ini dapat menampung sedikitnya 20 ribu jamaah. Masjid yang berdiri di atas tanah 50 hektare ini memiliki gaya arsitektur Timur Tengah

3. Masjid Agung, Jawa Tengah

Arsitektur masjid ini bergaya campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar. Tambahan empat menara yang tinggi di tiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam. Terdapat pula satu menara terpisah dari bangunan masjid dengan tinggi 99 meter.

4. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid yang juga sarat akan sejarah ini sudah direnovasi dari bentuk awalnya. Sempat dibakar pada era Cut Nyak Dien, masjid ini kini kembali berdiri. Dibangun sejak masa Kesultanan Aceh tahun 1612, masjid Raya Baiturrahman ini terlihat seperti Taj Mahal di India. Begitu kokohnya masjid ini hingga bisa bertahan saat terjadi tsunami di Aceh pada 2004 silam.

 

5. Masjid Agung, Kudus

Masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Menara Kudus atau Masjid Al Aqsa ini memiiki konsep arsitektur yang memadukan budaya Islam dengan Hindu dan Buddha. Terlihat dari menara yang serupa seperti bangunan candi. Perpaduan dari arsitektur tersebut menunjukkan terjadinya proses akulturasi dalam pengislaman di Jawa

6. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid ini bernuansa Tionghoa seperti namanya, Masjid Cheng Ho. Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho asal China yang memeluk Islam. Terletak di Surabaya, bangunan masjid ini menyerupai kelenteng dengan dominasi warna merah, hijau dan kuning. Dalam kepercayaan Tionghoa, empat warna ini mewakili kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran.

7. Masjid Tiban, Malang

Masjid dengan bangunan megah ini berada di kompleks Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Masjid sekaligus pondok pesantren ini memiliki 10 tingkat dengan tema dan fungsinya masing-masing. Bangunan ini didominasi dengan warna biru dan putih dengan gaya arsitektur perpaduan antara timur tengah, China dan modern.

 

8. Masjid Akbar Surabaya

Salah satu ciri masjid terbesar di Indonesia ini adalah kubahnya yang besar dengan empat kubah kecil lainnya berwarna biru serta satu menara setinggi 99 meter. Keunikan dari masjid ini terletak pada kubahnya yang menyerupai bentuk setengah telur. Pintu masjid ini terdapat 45 pintu dari kayu.

9. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta atau masjid besar Yogyakarta. Masjid ini terletak di sebelah barat kompleks Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta. Arsitektur bangunan utama berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga. Di dalam masjid terdapat serambi berbentuk limas persegi panjang. Masjid yang sarat akan simbol dan filosofi Jawa ini memiliki atap bersusun tiga.

10. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang dikenal juga dengan sebutan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, masjid terbesar di Palembang dengan pengaruh tiga arsitektur yaitu China, Eropa dan Indonesia. Gaya Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang tinggi dan besar. Arsitektur China dari masjid ini dapat dilihat dari atap masjid utama berbentuk seperti kelenteng. Sedangkan pada ujung menara masjid berbentuk kerucut seperti tumpeng yang merupakan makanan khas kebudayaan nusantara. (Bobby Firmansyah)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini