Bursa Asia Dag Dig Dug Jelang Pertemuan Trump dengan Kim Jong-un

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 08:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 11 278 1909095 bursa-asia-dag-dig-dug-jelang-pertemuan-trump-dengan-kim-jong-un-kv3xDw6Gri.jpg Foto: Presiden AS Donald Trump (AFP)

JAKARTA - Bursa saham Asia bergerak hati-hati pada perdagangan Senin waktu setempat karena para investor fokus pada pertemuan penting antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Selain itu, pergerakan bursa saham Asia juga dipengaruhi potensi ketegangan perang dagang yang meningkat.

Melansir CNBC, Senin (11/6/2018), indeks saham acuan Jepang, Nikkei merosot 0,04% karena penurunan saham sektor keuangan dan pertambangan. Namun pelemahan ini masih bisa ditahan dengan naiknya saham konsumen dan teknologi. Indeks Topix bergerak stabil di batas titik aman.

 Begini Ekspresi Pasien Distrofi Otot Berusia 7 Tahun Saat Presiden Donald Trump Berbicara

Sementara itu, indeks saham Korea Selatan, Kospi naik 0,3%. Pasar saham di Australia tutup sementara pada hari Senin.

Investor saat ini mengawasi ketegangan perdagangan antara AS dan sekutunya termasuk Kanada dan Uni Eropa. Presiden AS Donald Trump pada akhir pekan menarik dukungannya untuk deklarasi G-7 dan mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau karena tidak jujur ​​dan lemah.

 

Apalagi, Trump telah menerapkan tarif pada tarif aluminium dan baja pada anggota G-7 lainnya jelang KTT G-7 pada minggu lalu. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Uni Eropa mempersiapkan penanggulangannya sendiri terhadap AS.

Sementara itu, KTT yang berlangsung di Singapura akan direncanakan pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un pada Selasa 12 Juni 2018 diperkirakan akan menjadi pusat perhatian.

Keduanya tiba di negara itu pada hari Minggu dan bersiap untuk menjadikan pertemuan ini sejarah sebagai pemimpin pertama yang duduk di negara mereka masing-masing untuk bertemu tatap muka secara langsung.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini