Mudik Sekalian Wisata, Ingat Jangan Ganggu Uang Tabungan!

Agregasi Minggu 17 Juni 2018 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 17 320 1911027 mudik-sekalian-wisata-ingat-jangan-ganggu-uang-tabungan-QrxKGKUpEF.jpg

JAKARTA – Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri dan bersilahturahmi dengan keluarga besar. Saatnya untuk berwisata.

Pilihannya banyak, bisa dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, atau wisata kuliner. Kamu bisa melakukannya area sekitar kota tempat orang tua atau mertua tinggal.

Melansir dari rumah123.com, Minggu (17/6/2018), mungkin orang tua atau mertua kamu tinggal di Semarang, Surabaya, Malang, atau Yogyakarta. Banyak obyek wisata yang ada di kota-kota ini.

Jika kamu mudik menggunakan mobil, sebenarnya kamu bisa melakukan wisata sepanjang perjalanan. Ketimbang bosan karena melakukan perjalanan jauh, kamu bisa melepas lelah dengan meluangkan waktu dengan berwisata.

Bagi kamu yang melakukan perjalanan melalui Pantai Selatan Jawa (Pansela), kamu bisa menikmati pemandangan indah Samudra Hindia. Jalur Selatan ini memang tidak memiliki jalur tol seperti halnya Pantai Utara Jawa (Pantura).

Namun, kamu bisa menikmati perjalanan yang tidak monoton. Sejumlah obyek wisata berada di sepanjang jalur Selatan yang membentang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Jika melakukan wisata sambil mudik, tentu tidak ada salahnya. Sesekali melakukan traveling seraya silaturahmi ke rumah orang tua atau mertua, ya masih wajar saja.

Pastikan kalau kegiatan wisata ini tidak mengganggu dompet kamu. Ambil saja dari biaya lifestyle yang sudah kamu sisihkan untuk keperluan mudik. Kalau wisata membutuhkan biaya banyak, ya urungkan saja. Cari aktivitas wisata yang tidak membutuhkan biaya atau berbiaya murah.

Datang ke pantai, melihat gunung, atau bermain di air terjun biasanya gratis kok. Wisata kuliner? Tidak masalah asal masih masuk dalam budget kamu.

Yang pasti buat kamu yang sedang mengumpulkan uang muka atau down payment (DP), wisata ini tidak mengambil tabungan DP. Sementara bagi yang sudah mencicil hunian lewat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), hal ini juga tidak mengganggu alokasi dana yang sudah disisihkan.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini