nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengumuman CPNS 2018 Batal Diumumkan Juli, Ini Penjelasan Kemenpan-RB

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 30 320 1929471 pengumuman-cpns-2018-batal-diumumkan-juli-ini-penjelasan-kemenpan-rb-1MZ4jMcpAA.jpg Ilustrasi Seleksi CPNS (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 batal dilakukan pada bulan ini. Artinya penerimaan CPNS 2018 mengalami molor waktu dari wacana yang sebelumnya yang akan diumumkan pada bulan Juli 2018.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, ada beberapa alasan mengapa hingga saat ini pihaknya belum juga mengumumkan formasi CPNS 2018. Alasan pertama dan utama adalah masih dilakukan validasi data dengan Kementerian dan Lembaga terkait termasuk Pemerintah Daerah.

"Masih diperlukan konsolidasi dengan Kementerian Lembaga atas validasi yang dilakukan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (30/7/2018).

Menurut Mudzakir, dalam proses validasi semuanya harus dilakukan dengan teliti. Sehingga diharapkan penerapan formasi di seleksi CPNS 2018 bisa lebih akurat.

"Demi ketepatan yang tinggi dalam penetapan formasi kami konsolidasi secara lebih akurat berbagai hal seperti analisis jabatan dan beban kerja, peta jabatan, rasio alokasi anggaran belanja dan keuangan negara," jelasnya.

Menurut Mudzakir, konsolidasi juga termasuk komunikasi dengan pihak Kementerian Keuangan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan dan yang disediakan oleh pemerintah.

"Semua hal terkait kami konsolidasikan termasuk keuangan," ucapnya.

Mengenai validasi formasi, Mudzakir menyebut jika saat ini sudah sampai kepada proses akhir atau dalam tahap finalisasi. Setelah rampung, barulah formasi tersebut bisa diumumkan oleh Kemenpan-RB kepada publik.

"Itu terkait substansi formasi, yang nanti akan diumumkan. Intinya (validasi formasi) sudah proses final tapi dikonsolidasikan lagi," jelasnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini