nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat N219 Beroperasi Jadi Penghubung Daerah Terpencil

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 14:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 25 320 1955316 pesawat-n219-beroperasi-jadi-penghubung-daerah-terpencil-F6Ok4Fuv8u.jpg Foto: Giri Hartomo (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus mengebut proses sertifikasi pesawat N219. Proses sertifikasi pesawat ini ditargetkan rampung paling lambat pada pertengahan 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah berkeinginan agar pesawat tersebut bisa segera beroperasi. Nantinya, pesawat tersebut akan digunakan sebagai alat transportasi di daerah terpencil.

"Kita memang harus selalu memikirkan bagaimana N219 dari PTDI agar bisa digunakan secara masif oleh pemerintah," ujarnya saat ditemui di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

 

Apalagi lanjut Budi, Indonesia memiliki banyak sekali daerah yang sulit terjamah oleh pesawat besar. Oleh karena itu, diharapkan pesawat N219 ini bisa menjadi solusi untuk menghubungkan koneksi antar daerah terpencil.

"Indonesia banyak daerah-daerah remote yang tidak mudah dicapai. Namun kita tetap harus suplai berbagai macam barang dan koneksikan orang-orang yang tinggal di sana," jelasnya.

 Baca Juga: PTDI Terima Pesanan 109 Unit Pesawat N219

Oleh karena itu, Budi menginginkan agar pesawat tersebut terus diproduksi lebih banyak sambil menunggu proses sertifikasi dilakukan. Hingga saat ini, permintaan produksi pesawat tersebut telah mencapai 110 unit.

"Kita harus suplai berbagai macam barang dan harus mengkoneksikan orang-orang yang bertempat tinggal di sana," ucapnya.

 Baca Juga: PTDI Ditantang Ekspor Pesawat ke Eropa hingga Amerika

Budi juga meminta pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk mengembangkan produk pesawat lainnya. Hal itu di antaranya pesawat yang bisa mengukur garis pantai, sebagai alat bantu pertanian, dan juga medis.

"Kita juga dorong kapan untuk bisa menghadirkan produk-produk unggulan," ucapnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini