Share

Hari Nasional Statistik, Kecuk: Data di Website BPS Level Kedua di Asia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 26 20 1955761 hari-nasional-statistik-kecuk-data-di-website-bps-level-kedua-di-asia-oHTXZl3ezU.jpeg BPS (Foto: Yohana/ Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) memperingati Hari Statistik Nasional 2018 yang jatuh di setiap tanggal 26 September. Penyelenggaraan ini diharapkan bisa meningkatkan pengertian masyarakat tentang pentingnya statistik dalam membuat perencanaan.

"Tanpa statistik tidak mungkin kita buat perencanaan yang jelas, capaian pembangunan dan monitoroing. Karena itu statistik sangat penting di lini sosial, ekonomi, maupun lingkungan," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto dalam sambutannya di Gedung BPS Pusat, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

bps

Menurut Kecuk, sapaan akrabnya, selama ini BPS sudah menyajikan data yang berkualitas, transparan dan akurat kepada masyarakat. Ketersediaan data ini juga ada di website remis BPS, yang selama ini terus dievaluasi.

"Website BPS setiap tahun selalu di evaluasi oleh lembaga statistik internasional, yang mengevaluasi 187 negara. Hasil penilaian 2017 website BPS dinilai sangat transparan dan cukup komplit sehingga di Asia di level kedua. Di dunia ranking 27 dari 187 negara," katanya. 

Baca Juga: BPS Punya Direksi Baru, Kecuk Suhariyano Langsung Kasih Tantangan Terberat

Dia menyatakan, untuk menyajikan data yang akurat diperlukan independensi sehingga menghindari kekeliruan data. Saat ini, kata dia, banyak data yang diberikan tanpa kejelasan metedologi.

"Kita bisa melihat beberapa bulan terakhir banyak sekali data data yang berasal dari A dari B tidak bisa ditelusuri konsep metodologinya. Dalam hari statistik nasional data hanya bisa dibuat dengan perencanaan yang jelas, hanya bisa dibuat kalau datanya berkualitas," jelas dia.

bps

Kecuk mengungkapkan, BPS tentunya memerlukan kerjasama dari berbagai pihak baik masyarakat, pelaku industri, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah hingga media massa untuk bisa menyajikan data hasil survei.

"Tanpa kerja sama erat ini BPS tidak mungkin terbitkan data-data yang dirilis setiap awal bulannya," tutupnya.

Sekedar diketahui Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2018, bertemakan "Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa”. Dalam kesempatan ini turut hadir pejabat negara Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini