nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manado Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 320 1962252 manado-kembangkan-pembangkit-listrik-tenaga-biomassa-gNwOx4C0jw.jpg Foto Pembangkit Listrik (Foto: Subhan/Okezone)

MANADO - Pemerintah Kota Manado bersama dengan Universitas Sam Ratulangi, Manado dan Universitas Feng Chia Taiwan bekerjasama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Kota Manado.

Tiga institusi tersebut mengembangkan PLTBm di Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Potong Hewan (UPTD RPH) yang terletak di Bailang, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga: Investor Italia Tertarik Investasi Pembangkit Listrik di Indonesia

PLTBm yang sedang dikembangkan di UPTD RPH Bailang ini merupakan program dari Pemerintah Kota Manado dalam rangka smart city, smart energi dan untuk merealisasikan kegiatan ini maka ditunjuklah UPTD RPH Bailang untuk tempat pengembangan PLTBm.

Bahan baku yang digunakan di PLTBm Bailang ini menggunakan isi rumen sapi, kotoran sapi dikumpulkan dan dicampur dengan bahan-bahan sampah organik lainnya yang kemudian diproses fermentasi di bak yang sudah dibuat di tempat pembuatan PLTBm.

listrik

Dalam seharinya UPTD RPH Bailang menghasilkan sekitar 250 Kilogram kotoran Sapi per harinya, dan itu sudah lebih dari cukup untuk pengoperasian PLTBm yang hanya membutuhkan sekitar 20 Kilogram isi rumen Sapi yang sudah dicampur dengan sampah-sampah organik lain per harinya.

"Ketersediaan limbah dari rumah potong hewan tetap akan tersedia karena jumlah pemotongan Sapi yang ada di sini ada sekitar 12 sampai 15 ekor per hari, itu cukup untuk limbah untuk digunakan di Biomassa ini," jelas Kepala UPTD RPH Bailang Manado, Joike Nikson Tumbel, Rabu (10/10/2018).

Baca Juga: Kalbar Akhirnya Miliki Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Cangkang Sawit

Energi yang dihasilkan di PLTBm Bailang ini diperkirakan sebesar 45 ribu watt, cukup untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di lingkungan UPTD RPH Bailang, masyarakat di luar UPTD RPH Bailang maupun fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti Masjid dan Gereja akan dijangkau oleh PLTBm ini.

listrik

"ke depannya diharapkan karena ini baru pilot project kalau di sini misalnya berhasil, ke depannya Pemerintah Kota pasti akan merencanakan membuat yang lebih besar lagi untuk mengurangi pemakaian tenaga listrik yang ada sekarang karena ini memanfaatkan limbah limbah yang ada, daripada dibuang pencemaran lingkungan dan lain-lain sehingga dimanfaatkanlah supaya berguna untuk masyarakat," pungkas Tumbel.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini